Ditekuk Malaysia 3 - 0, Pelatih Vietnam : Pemain Kami Kena Mental
Vietnam Vs Malaysia

NOBARTV NEWS – Timnas Vietnam gagal melangkahkan kakinya ke babak . Pelatih Vietnam, itu menyebut anak asuhnya kena gangguan psikologis atau kita kenal dengan sebutan ‘kena mental.’

Berstatus sebagai juara grup A , Vietnam kalah ketika melawan runner-up grup B, Malaysia. Padahal, dalam laga yang dilangsungkan semalam, skuad muda Vietnam tampil menjanjikan di awal babak pertama. Mereka tampil ngotot dan menyerang. Namun sayang, serangan-serangan anak asuh berhasil dipatahkan oleh pertahanan skuad muda Harimau Malaya.

Bahkan, berhasil mencetak gol pertamanya usai bek Vietnam melakukan blunder fatal. Pemain muda Malaysia, Adam Farhan Faizal sukses mencetak satu-satunya gol pada babak pertama tepatnya pada menit ke-26.

Di babak kedua, Vietnam tidak mampu menyamakan kedudukan. Bahkan, gawang mereka dibobol sebanyak dua kali masing-masing lewat Muhammad Haiqal Hairi dan Haykal Mohd Haizon. Tiga gol bersarang ke gawang Timnas Vietnam.

Berita Terkait:  Live Streaming Timor Leste U-19 vs Laos U-19 Piala AFF U-19 2022 Grup B

Dilansir dari The Thao 247, mengeluhkan kondisi psikologis anak asuhnya. Ia dan pemain mengaku kecewa dengan hasil (kelelahan) tersebut.

“Kami punya banyak peluang, tapi para pemain secara psikologis tidak bisa menyelesaikannya. Saya dan pemain sedih atas kesalahan ini,” ujar Dinh The Nam.

Usai kegagalan ini, Timnas Vietnam akan melawan Thailand di perebutan tempat ketiga pada Jum’at, 15 Juli atau esok. Sebelumnya, kedua tim sudah bertemu di babak grup U-19. Saat itu, Timnas Thailand dan Vietnam bermain imbang 1 – 1. Skor imbang saat itu membawa keduanya tembus ke babak semifinal. Sayang, keduanya kalah di babak (semifinal) tersebut. Timnas Thailand sendiri takluk 2 – 0 dari juara grup B, Timnas Laos.

Sepanjang sejarah digelarnya Piala AFF U-19, Vietnam berhasil menembus babak final sebanyak 5 kali. 4 di antaranya gagal dan mereka hanya 1 kali meraih juara. Juara itu didapatkannya pada tahun 2007 ketika bermain sebagai tuan rumah. Kebetulan, saat itu Timnas Vietnam melawan Malaysia. Timnas Vietnam berhasil menang tipis atas Malaysia 1 – 0 di partai final.

Berita Terkait:  Semifinal Piala AFF U-16: Permainan Garuda Asia Diawasi ‘Calon’ Lawan, Bima Sakti Tanggapi Santai

Di Piala AFF U-19 edisi sebelumnya (2019), Vietnam juga bertindak sebagai tuan rumah. Namun sayang, langkah mereka terhenti karena gugur di fase grup.

Terakhir kali Vietnam menjadi juara ketiga Piala AFF U-19 yakni pada tahun 2016. Saat itu, Vietnam mengalahkan Timor-Leste 4 – 0. Mampukah Vietnam mengulang prestasi yang diraihnya pada tahun 2016 silam? Ataukah Thailand yang justru keluar sebagai pemenang. Menarik untuk ditunggu dan dinantikan.