Timnas Indonesia

Enam Punggawa Timnas U-22 yang Berpeluang Tampil Lagi di SEA Games 2025



NOBARTV NEWS – SEA Games 2023 sudah berakhir. Namun ternyata, enam punggawa U-22 yang tampil di edisi 2023 kemarin masih memiliki kesempatan untuk tampil di SEA Games edisi berikutnya (2025). Siapa saja mereka?

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-22 akhirnya keluar sebagai juara dalam even multi olahraga SEA Games 2023. Keberhasilan tersebut tak lepas dari peran pelatih Indra Sjafri ditemani oleh para asistennya. Selain itu, tentu perjuangan para pemain sebagai juru depan dari keberhasilan tersebut tak bisa dianggap enteng.

Berada di jantung pertahanan sekaligus sebagai seorang kapten, Rizky Ridho memimpin rekan-rekannya dari awal fase grup sampai babak final. Beruntungnya, mereka mendapati hasil yang cukup memuaskan sepanjang fase grup tersebut. Dalam empat pertandingan di fase grup, anak asuh Indra Sjafri itu total mencetak 13 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja. Tidak hanya produktif dalam mencetak gol saja, namun mereka juga mampu menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Di laga perdana kontra Timnas Filipina U-22, skuad Garuda mencetak tiga gol tanpa balas. Adapun di laga kedua melawan Timnas Myanmar U-22, Marselino Ferdinan dkk mengamuk dengan menciptakan lima gol lainnya. Sedangkan di laga kontra Timnas Timor-Leste U-22, anak asuh Indra Sjafri itu kembali membuat tiga gol dan terakhir, di laga pamungkas vs Timnas Kamboja U-22, skuad Garuda menang tipis 1-2.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Keberhasilan tersebut kembali berlanjut di babak semifinal melawan Timnas Vietnam U-22. Berhadapan dengan sang juara bertahan, Marselino Ferdinan dkk menang dramatis 3-2. Dan di laga final versus Timnas Thailand U-22, skuad Garuda sukses memenangkan partai puncak tersebut dengan hasil akhir 2-5 lewat babak extra time.

Keberhasilan mengalahkan lawan-lawannya dari fase grup hingga babak final tak lepas dari peran pemain muda. Ya, bagaimana tidak, di SEA Games tahun ini, Timnas Indonesia U-22 banyak menggunakan pemain muda – yang menariknya mereka masih punya kesempatan untuk turun di SEA Games edisi berikutnya. Bahkan, para pemain muda tersebut memiliki peran yang sangat besar di balik keberhasilan skuad Garuda membawa pulang medali emas. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Marselino Ferdinan

Gelandang serang KMSK Deinze Marselino Ferdinan total mencetak 2 gol sepanjang SEA Games tahun ini. Secara berturut-turut, Marselino mencetak dua gol itu ke gawang Timnas Filipina U-22 dan Timnas Timor-Leste U-22. Penampilan Marselino di SEA Games berikutnya masih memungkinkan akan kita lihat mengingat usianya masih sangat belia.

2. Ramadhan Sananta

Striker PSM Makassar Ramadhan Sananta tampil cemerlang selama pagelaran SEA Games ini. Total, Sananta mengemas lima gol yang di mana dua di antaranya ia cetak di partai final kontra Thailand U-22.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

3. Jeam Kelly Sroyer

Walaupun penampilannya belum sepenuhnya memuaskan, namun Jeam Kelly Sroyer masih memiliki peluang untuk membuktikan dirinya di SEA Games edisi berikutnya. Mengingat usianya yang masih sangat muda yakni 20 tahun, sang pemain masih bisa berkembang dan menjadi pemain yang diperhitungkan di masa mendatang.

4. Fajar Fathurrahman

Disulap dari posisinya aslinya (wingback) sebagai seorang winger (sayap), Fajar tampil gahar. Sama seperti Sananta, pemain Borneo FC ini berhasil membuat lima gol sepanjang turnamen SEA Games 2023.

5. Muhammad Ferrari

Kita tidak perlu khawatir dengan ketiadaan Rizky Ridho yang dipastikan tak bisa tampil di SEA Games edisi berikutnya. Pasalnya, di posisi yang sama sepertinya, Timnas Indonesia masih punya Muhammad Ferrari yang masih berusia muda dan tampil menjanjikan sebagai seorang bek tengah masa depan.

6. Ananda Raehan

Pemain asal PSM Makassar Ananda Raehan sudah menunjukkan tajinya sejak masih berada di klubnya. Mengingat usianya saat ini masih 19 tahun, maka dua tahun berikutnya di SEA Games 2025, Ananda Raehan masih terbuka untuk menjadi pemain menjanjikan bagi Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid