Timnas Indonesia

Cidera Lagi, Zanadin Fariz Terancam Gagal Tampil di Sepanjang Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Kabar buruk menimpa skuad Garuda muda jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023, gelandang enerjik mereka Zanadin Fariz dinyatakan cidera lagi sehingga sang pemain disebut tak bisa tampil di sepanjang turnamen ini.

Sebagaimana diketahui, Zanadin merupakan satu dari 23 pemain yang diminta untuk tampil di Piala Asia U-20 2023. Sejatinya, pemain asal Persis Solo itu sudah dinyatakan cidera sejak sebelum keberangkatan ke Uzbekistan (tuan rumah Piala Asia U-20 2023). Akan tetapi, berdasarkan penuturan tim kedokteran PSSI, Zanadin dinyatakan oke dan siap untuk dibawa meskipun masih dalam keadaan cidera.

Cidera tersebut didapatkan Zanadin ketika skuad Garuda muda jumpa Timnas Guatemala U-20 dalam Turnamen Mini PSSI. Di laga itu, Zanadin salah melakukan pendaratan yang salah sehingga membuatnya mengalami cidera. Ia langsung ditarik STY setelah insiden tersebut.

Baca Juga:  Kapten Uzbekistan Puji Indonesia: Indonesia Bermain Sangat Baik

Hingga pada akhirnya, ia dinyatakan fit setelah beberapa hari kemudian. Namun sayangnya, menjelang laga melawan Timnas Irak U-20 di partai perdana Piala Asia U-20, Zanadin dinyatakan cidera lagi. Bahkan, cideranya itu dikatakan cukup parah. Sang pelatih Shin Tae-yong menyebut pemain andalannya itu bakal absen sepanjang turnamen ini. Jadi, selain absen di laga melawan Timnas Irak U-20, Zanadin juga tidak akan bermain di laga melawan Timnas Suriah U-20 dan Timnas Uzbekistan U-20.

“Dia sedang dalam kondisi cedera, tepatnya sebelum datang ke sini (Piala Asia U-20 2023). Dia sebelumnya sudah membaik, pergantian pemain juga kami lakukan sebelumnya (di mini turnamen) karena kondisinya,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers sebelum laga melawan Irak U-20 kemarin.

Lebih lanjut, kata Shin lagi, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu terancam tak bisa dimainkan hingga Piala Asia U-20 selesai.

Baca Juga:  Kerap Mengganggu, KBRI Doha Minta Fans Tidak Dekati Pemain Timnas Indonesia

“Cedera (Zanadin Fariz) lalu datang lagi. Jadi saya pikir dia tidak bisa berpartisipasi di Piala Asia U-20 dengan kondisi saat ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, lewat kanal youtube PSSI TV, Zanadin menceritakan peristiwa yang membuatnya mengalami cidera. Fariz mengaku tak ingat betul dengan kejadian tersebut. Namun yang bisa diingatnya adalah ada suara yang ditimbulkan ketika ia salah dalam mendarat.

“Dibilang benturan mungkin saya juga kurang ingat juga sih. Karena yang saya ingat hanya seperti salah tumpuan,” cerita Zanadin.

“Sedikit goyang bagian lutut terus ada bunyi sedikit,” tambahnya.

“Tadi malam dicek sama dokter semalam tidak apa-apa sih. Cedera tersebut) di bagian engkel,” ujarnya memungkasi.

Kondisi ini tentu menjadi alarm berbahaya bagi Timnas Indonesia. Karena dengan absennya Zanadin, skuad Garuda muda kini hanya menyisakan tiga pemain di posisi tengah. Mereka adalah Arkhan Fikri, Resa Aditya, dan Achmad Maulana.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments