Timnas Indonesia

PSSI Tegaskan Marselino Ferdinan Tak Dapat Penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, nama Marselino Ferdinan keluar sebagai pemain muda terbaik di 2022. Namun lucunya, pihak PSSI mengkalim sang pemain tidak mendapatkan penghargaan dalam kategori tersebut.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2022 sudah selesai dihelat. Timnas Thailand keluar sebagai juara untuk ke-tujuh kalinya setelah menumbangkan Timnas Vietnam dengan skor agregat 3-2. Setelah bermain imbang 2-2 di markas Vietnam Mỹ Đình Stadium, Teerasil Dangda dkk sukses mengalahkan Vietnam di leg kedua dengan skor tipis 1-0.

Adapun , anak asuh Shin Tae-yong itu tumbang dari Timnas Vietnam di babak semifinal. Skuad Garuda kalah agregat dengan skor akhir 2-0.

Pasca pertandingan final yang dilangsungkan di Thammasat Stadium kemarin, selain perayaan gelar yang dilakukan Thailand, juga diumumkan beberapa kategori penghargaan. Kapten Timnas Thailand Theerathon Bunmathan keluar sebagai pemain terbaik. Lalu ada nama Nguyễn Tiến Linh dan Teerasil Dangda yang juga terpilih sebagai top skor dengan sama-sama mencetak 6 gol sepanjang turnamen.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Tidak hanya itu saja, AFF juga memberikan penghargaan fair play kepada Timnas Malaysia dan pemain muda terbaik jatuh kepada Marselino Ferdinan. Terpilihnya Marselino juga bisa dilihat dari laman wikipedia. Dalam website tersebut, Marselino terpilih sebagai pemain muda terbaik. Prestasi tersebut menyamai prestasi yang pernah diraih Pratama Arhan.

Pada Piala AFF 2020 kemarin, Arhan yang saat itu berstatus punggawa PSIS Semarang terpilih sebagai pemain muda terbaik. Tak lama setelah Piala AFF itu, Arhan digaet oleh klub kasta kedua Tokyo Verdy.

Adapun Marselino, sang pemain kini sudah kembali ke klubnya Persebaya Surabaya. Ia bahkan langsung diturunkan sang pelatih di putaran kedua musim 2022-2023.

Akan tetapi, ada hal yang mengganjal terkait dengan nama Marselino Ferdinan. Ya, namanya sempat disebut keluar sebagai pemain muda terbaik di Piala AFF 2022. Namun, berdasarkan pengakuan dari PSSI, federasi sepak bola tertinggi di Indonesia itu mengkalim Marselino tidak mendapatkan penghargaan tersebut.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Bahkan bukan sekadar klaim semata, Media Officer PSSI Bandung Saputra berani memastikan sang pemain tidak mendapatkan penghargaan itu.

“Kembali kami konfirmasi, AFF tidak memberikan penghargaan untuk kategori Pemain Muda Terbaik pada ajang Piala AFF 2022,” terang Bandung Saputra.

Bandung berani berkata demikian karena laman web resmi AFF begitu juga dengan media sosialnya, mereka tak sekalipun memberikan pengumuman terkait penghargaan tersebut. Yang diunggah oleh AFF sejauh ini hanyalah daftar bek terbaik, gelandang terbaik, striker terbaik, dan gol-gol terbaik sepanjang turnamen tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments