Timnas Indonesia

Mengenal Sosok Ronaldo Kwateh, Pemain Timnas Termuda Andalan STY di FIFA Matchday

TOPIK BERITA :


Mengenal Sosok Ronaldo Kwateh, Pemain Timnas Termuda Andalan STY di FIFA Matchday
Profil Ronaldo Kwateh.| Ligaolahraga.com

NOBARTV NEWS – Anggota pemain untuk FIFA Matchday telah dipanggil oleh Shin Tae-Yong. Salah satu diantaranya adalah Ronaldo Kwateh. Selain itu, ia pun salah satu pemain termuda di Timnas.

Sebenarnya, Ronaldo Kwateh memang sudah diprediksi akan bergabung dengan Timnas Indonesia untuk melawan Timor Leste. Hal ini dikarenakan kemampuan yang dimiliki oleh Ronaldo Kwateh sangat memumpuni. Dimana ia merupakan seorang pelari yang cepat dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dalam bermain.

Profil Ronaldo Kwateh

Pemain timnas  satu ini memiliki nama lengkap Ronaldo Joybera Junior Kwateh. Ia lahir di Yogyakarta pada 19 Oktober 2004 dari pasangan Citra Rusmawati ( Asli Yogyakarta) dengan Roberto Kwateh (Asli Liberia).

Nama Ronaldo diberikan oleh sang ayah, Roberto Kwateh karena  sosok Ronaldo Luis Nazario de Lima merupakan sosok yang sangat diidolakannya. Sang ayah pun mengungkapkan bahwa bakat dari Ronaldo Kwateh pun sudah terlihat sejak umur 5 tahun hingga sekarang.

Selain itu, diketahui  bahwa ayah dari Ronaldo Kwateh merupakan seorang pemain sepak Bola Indonesia 2017 asal Liberia.  Sehingga wajar, apabila selintas Ronaldo Kwateh terlihat seperti orang asing. Namun, ia merupakan asli warga Indonesia.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Ronaldo Kwateh pun mengungkapkan bahwa karirnya di sepak bola mendapat dukungan penuh dari kedua orangtuanya. Sehingga, ia dapat percaya diri untuk meneruskan karirnya di sepak bola. Pasalnya, ia sempat merasa malu karena merasa beda sendiri.

Namun, sang ibu menegaskan bahwa menjadi seorang pemain sepak bola haruslah kuat mental. Hal ini lah yang membuat remaja dengan tinggi badan 180 cm ini pun tidak merasa minder lagi. Selain itu, dalam  tim sepak bola ia memegang posisi sebagai penyerang.

Jejak Karir Sepak Bola

Pada usia 14 tahun, Ronaldo Kwateh bermain di salah satu turnamen bernama Asia's Premier International Youth Football.  Selain itu, Ia pun pernah bermain mewakili Bantul di Malang pada turnamen FOSSBI ( Forum  Sekolah Sepak Bola Indonesia).

Dimana akhirnya Ronaldo Kwateh menjadi pemain pencetak gol terbanyak pada pertandingan tersebut. Hal ini, tentu tidak diprediksi oleh sang ayah. Pasalnya, Roberto Kwateh tidak pernah memaksa anaknya untuk mengikuti jejak karirnya.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Untuk mengasah kemampuannya di bidang sepak bola,  Ronaldo Kwateh bergabung di SSB Pendowoharjo Bantul pada tahun 2017 sampai  2018. Namun, tahun 2019 sampai 2020  ia memutuskan untuk bergabung dengan Persib Bandung.

Ia pun sempat tampil memukau di lite Pro Academy U-16  yang diselenggarakan oleh PSSI. Kemudian pada tahun 2021 hingga sekarang ia bernaung di Madura United. Untuk debutnya  di Madura United, tidak tanggung-tanggung  Ronaldo Kwateh bermain di Liga 1.

Dimana hal tersebut merupakan kompetensi tertinggi di Tanah Air. Meskipun usianya masih remaja, tetapi kemampuannya tidak diragukan oleh Rahmad Darmawan, selaku kepala tim.

Karena hal tersebutlah ia mengizinkan Ronaldo Kwateh berjuang dengan tim utama. Dimana sebelumnya ia merupakan bagian dari tim junior.

Atas penampilannya  tersebut, ia pun dipanggil oleh Timnas Indonesia U-16 untuk bergabung. Sampai akhirnya ia pun dipanggil kembali oleh pelatih Shin Tae-Yong untuk bergabung melawan Timor Leste di AFF Matchday pada akhir bulan nanti.

Resa Nopita Sari

Seorang copywriter dan content writer sejak tahun 2018. Selain itu, saya pun senang membaca, menulis, memasak, dan melihat pemandangan alam.