Timnas Indonesia

Asisten STY Paparkan Kriteria Pemain Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023



NOBARTV NEWS – Pada bulan Juni mendatang, skuad Garuda akan memainkan dua laga FIFA Matchday sesuai dengan kalender resmi yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA. Asisten pelatih Nova Arianto membeberkan kriteria pemain yang akan dipanggil oleh sang pelatih Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Juni depan, bakal digelar ajang bertajuk FIFA Matchday. FIFA Matchday Juni merupakan yang kedua kalinya digelar untuk tahun 2023 ini. Sebelumnya, FIFA Matchday pertama di tahun 2023 digelar pada bulan Maret kemarin. Saat itu, skuad Garuda Indonesia juga memainkan dua pertandingannya.

Pada bulan Maret tersebut, Timnas Indonesia secara khusus mengundang tim asal Afrika yaitu Timnas Burundi. Skuad Burundi dan Timnas Indonesia memainkan dua pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Di pertandingan pertamanya, Marc Anthony Klok dkk sukses mengalahkan sang lawan dengan skor meyakinkan 3-1. Sementara itu, di laga keduanya, Timnas Indonesia dan Timnas Burundi bermain sama kuat 2-2.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Kemenangan dan hasil imbang tersebut membuat posisi skuad Garuda naik dua strip. Sebelum pertandingan, skuad Garuda berada di peringkat 151 FIFA. Pasca laga, setelah dilakukan update terbaru, Timnas Indonesia kini menduduki peringkat 149 dunia.

Nah, untuk FIFA Matchday Juni mendatang, skuad Garuda dijadwalkan akan melakoni dua pertandingan. Kemungkinan, kedua laga nanti akan dimainkan dengan dua tim yang berbeda. Salah satu calon yang sudah terkonfirmasi adalah Timnas Palestina. Laga melawan Timnas Palestina akan dimainkan pada 14 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

“Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepakbola Palestina dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA matchday pada tanggal 14 Juni 2023. Mereka juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan laga,'' ujar Ketua Umum PSSI beberapa waktu lalu.

Sementara itu, satu lawan lainnya belum terkonfirmasi sampai saat ini. Akan tetapi, beberapa rumor menyebutkan bahwa lawan yang akan dihadapi skuad Garuda adalah Timnas Argentina. PSSI sendiri mengaku sudah menghubungi AFA (Federasi Sepakbola Argentina) untuk mengajak Lionel Messi dkk datang ke Indonesia. Namun sejauh ini, meskipun rumor tersebut terus menyeruak, pihak PSSI belum berani memberikan kepastian.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Terlepas dari siapa lawan yang akan dihadapi skuad Garuda, asisten STY yakni Nova Arianto membeberkan kriteria pemain yang akan kembali dipanggil oleh sang pelatih untuk FIFA Matchday tersebut. Kata Nova, pemain yang akan dipanggil adalah mereka yang sudah sering memperkuat Timnas Indonesia. Jadi, nama-nama seperti Witan Sulaeman, Elkan Baggott, hingga Jordi Amat akan kembali dipercaya. Menariknya, dua pemain naturalisasi yakni Sandy Walsh dan Shayne Pattynama kemungkinan besar akan debut sebagai pemain Timnas Indonesia pada FIFA Matchday mendatang.

“Untuk FIFA Matchday nanti, pastinya Timnas Indonesia akan diperkuat pemain-pemain senior yang sudah pernah dipanggil ya,” kata Nova Arianto.

“Karena mereka sudah memahami filosofi Coach Shin Tae-yong. Sehingga, tidak akan terlalu sulit untuk memahami apa yang diinginkan oleh Coach Shin,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid