Timnas Indonesia

Moncer di Laga Ujicoba, Berikut Alasan STY Coret Irfan Jaya

TOPIK BERITA :


Moncer di Laga Ujicoba, Berikut Alasan STY Coret Irfan Jaya
Irfan Jaya

NOBARTV NEWS – Shin Tae-Yong melalui PSSI telah mengumumkan 20 skuad yang akan berlaga di SEA Games 2021 mendatang. Dari ke-empat pemain senior yang telah dipanggil di pemusatan latihan kemarin, hanya Irfan Jaya yang resmi dicoret dari skuad.

Hal ini menimbulkan pertanyaan yang cukup panjang. Pasalnya, pemain Bali United itu tampil cukup baik di pemusatan latihan kemarin. Bahkan, ia berhasil mencetak dua gol dari tiga laga uji coba Timnas Indonesia. Irja – sapaan akrabnya, berhasil mencetak masing-masing satu gol ke gawang Andong Science College dan Daejon Hana Citizen. Hanya di laga melawan Pohang Steelers FC, pemain bernomor punggung 25 itu absen mencatatkan namanya di papan skor.

Meski demikian, keputusan Shin Tae-yong selaku arsitek Timnas Indonesia sudah bulat. Keputusan yang ia berikan tentu telah dipikirkan secara matang. Ia tidak mungkin mencoret pemain tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Selain Irja, beberapa pemain juga dicoret dari skuad Timnas Indonesia. Mereka adalah Bagas Kaffa, Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Koko Ari, Andhika Ramadani, dan beberapa pemain lainnya.

Ada pula pemain yang tidak pernah mengikuti pemusatan latihan, justru diikutsertakan dalam ajang dua tahunan itu. Elkan Baggott, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, hingga Witan Sulaeman adalah nama-nama pemain yang tidak pernah mengikuti pemusatan latihan di Jakarta maupun di Korea Selatan.

Berkenaan dengan pencoretan nama Irfan Jaya, hal itu dikarenakan menumpuknya posisi winger di skuad Timnas Indonesia. Bahkan, pesaing Irfan Jaya untuk posisi winger adalah pemain yang abroad ke luar negeri.

“Kartu AS (kuota pemain senior) cuma ada tiga, mau tidak mau tidak bisa dipilih. Pertimbangan yang sangat lama untuk tidak memilih Irfan Jaya,” ujar Shin Tae-Yong.

“Namun, ada salah satu pertimbangan, yakni sudah ada Egy, Witan, Saddil Ramdani. Ketiganya sudah bisa bergabung ke timnas U23 Indonesia,” tambah pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Sehingga untuk Irja, dengan status pemain yang berkompetisi di liga lokal, ditambah dengan umur yang sudah menginjak usia di atas 23 tahun, maka sulit baginya untuk bersaing dengan pemain muda nan abroad.

Bahkan jika dirinya tidak berposisi sebagai winger, maka tetap sulit baginya untuk masuk ke skuad SEA Games 2021. Hal ini dikarenakan dirinya yang tidak lebih penting dari pemain senior seperti Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto.

Anda saja Irfan Jaya berusia muda dan bermain di Liga Eropa, maka wajib hukumnya untuk diikutsertakan dalam ajang bergengsi se-Asia Tenggara itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid