Timnas Indonesia

Thom Haye Ceritakan Rentetan Kegiatan dari Belanda hingga Diresmikan sebagai WNI



NOBARTV.CO.ID Thom Haye cerita rentetan proses naturalisasi, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen akhirnya dikukuhkan sebagai WNI. Terdapat rentetan cepat di balik proses tersebut.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sejatinya disumpah sebagai WNI sejak beberapa hari yang lalu. Keduanya – bersama satu pemain keturunan lainnya Nathan Tjoe-A-On sudah datang ke Indonesia. Tapi sayangnya, hanya Nathan yang akhirnya melakukan sumpah WNI.

Batalnya proses sumpah WNI pada Ragnar dan Haye disebut karena berkas keduanya belum ditandatangani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Sementara itu, untuk mendapatkan Keppres dari Presiden Jokowi, berkas tersebut harus melalui tanda tangan Puan terlebih dahulu. Akibatnya, kedua pemain itupun pulang ke Belanda terlebih dahulu.

Menariknya, begitu tiba di Belanda, keduanya langsung memperkuat klubnya masing-masing. Thom Haye langsung bermain untuk SC Heerenveen secara penuh pada Minggu akhir pekan kemarin. Saat itu, Heerenveen tengah menjamu Feyenoord Rotterdam dalam ajang Eredivisie. Di laga ini Thom Haye cs dipermalukan dengan skor akhir 2-3.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Adapun Ragnar Oratmangoen, penyerang Fortuna Sittard itu dimainkan selama 81 menit tatkala timnya menjamu PEC Zwolle. Di laga ini Ragnar Oratmangoen dkk menang dengan skor akhir 3-1.

Setelah membela klubnya masing-masing, keduanya langsung bergegas untuk berangkat menuju Indonesia lagi. Ya, seperti yang dikemukakan sebelumnya, keduanya dijadwalkan akan melakukan sumpah pada Senin malam tanggal 18 Maret kemarin.

Thom Haye Ceritakan Rentetan Kegiatan dari Belanda hingga Diresmikan sebagai WNI
Thom Haye ketika mengunjungi Stadion GBK beberapa waktu lalu (sumber: IG @thomhaye)

Dan betul saja, setibanya di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Senin malam kemarin, keduanya langsung menuju Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta untuk melakukan sumpah WNI. Rentetan kegiatan dari awal hingga akhirnya diresmikan sebagai WNI ini diceritakan Haye pasca melakukan sumpah tadi malam.

“Setelah proses yang panjang akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam. Setelah saya main [bersama Heerenveen]. Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam [ke Indonesia]. Kemudian saya ke kantor [Kanwil Kemenkumham Jakarta] dan selesai sekarang. Saya senang,” cerita Haye dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

“Luar biasa. Saya senang dan terima kasih atas dukungannya [kepada pendukung dan semua pihak]. Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan Timnas Indonesia,” sambung pesepakbola kelahiran Belanda, 9 Februari 1995 itu.

Adapun saat ini, setelah diresmikan sebagai WNI, keduanya terpantau sudah bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Sebab di waktu yang sangat dekat ini, skuad Garuda dijadwalkan akan memainkan dua pertandingan dalam ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Di dua laga tersebut, Thom Haye cs akan melawan Timnas Vietnam sebanyak dua kali masing-masing di tanggal 21 dan 26 Maret 2024.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *