Timnas Indonesia

Takut Gagal Debut untuk Ketiga Kali, Sandy Walsh Lebih Berhati-hati di Sesi Latihan Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Sandy Walsh berpeluang untuk menjalani debutnya dengan pada laga versus Turkmenistan di ajang FIFA Matchday esok malam.

Seperti yang diketahui, besok malam, anak asuh Shin Tae-yong akan bermain di ajang FIFA Matchday melawan Timnas Turkmenistan. Laga tersebut akan dilangsungkan di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah.

Dalam persiapan Shin untuk melangsungkan laga ini, ia telah memanggil 24 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang sudah berjalan sejak 4 September kemarin. Dari 24 nama yang mendapat panggilan itu, lima di antaranya merupakan pemain abroad. Mereka adalah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Shayne Pattynama (Viking FK), dan Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons).

Dari kelima nama tersebut, tiga di antaranya merupakan pemain naturalisasi. Dan jika dirincikan lagi, dari ketiga pemain naturalisasi itu, satu-satunya pemain yang belum merasakan debutnya bersama Timnas Indonesia adalah Sandy Walsh.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Netizen usai Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U23

Untuk Shayne Pattynama, ia sudah mencatatkan debutnya di FIFA Matchday Juni melawan Timnas Argentina. Adapun Jordi Amat, sejak 2022 hingga FIFA Matchday bulan Juni kemarin, eks pemain Swansea City ini selalu bermain. Sedangkan untuk Sandy Walsh, sejak Piala AFF 2022 sampai FIFA Matchday Juni kemarin, ia selalu memiliki kendala untuk merasakan debutnya.

Di Piala AFF 2022, Sandy tak diizinkan membela Timnas Indonesia karena even tersebut tak masuk dalam kalender resmi FIFA. Adapun di FIFA Matchday Maret kemarin, ia mengalami cedera dan batal bergabung dengan skuad Garuda. Dan di FIFA Matchday Juni lalu, Sandy sempat bergabung dengan TC Timnas Indonesia. Sayangnya, di tengah-tengah pemusatan latihan, ia mengalami cedera dan akhirnya batal tampil di dua pertandingan penting pada bulan tersebut (Vs Palestina dan Argentina).

Oleh sebab itu, di laga melawan Turkmenistan mendatang, ia berharap untuk bisa melakoni debutnya. Saking berharapnya Sandy dengan debutnya itu, ia kini lebih berhati-hati dalam melakukan latihan pra pertandingan. Ia khawatir jika dirinya kembali cedera, maka peluang untuk debut itu kembali tertunda untuk kesekian kali.

Baca Juga:  STY Bongkar Alasan Skuad Garuda Tak Main Baik Lawan Uzbekistan

“Saya fokus untuk pertandingan hari Jumat dan berlatih sedikit ‘hati-hati' dibandingkan sebelumnya, memberikan yang terbaik untuk Jumat besok,” kata Sandy Walsh.

Terkait harapannya di laga debutnya itu, Sandy akan sangat senang jika dirinya berhasil membuat gol.

“Mungkin akan sangat emosional jika saya berhasil mencetak gol. Namun, yang terpenting adalah bermain baik bersama tim dan menang, dapat poin untuk ranking FIFA,” ucapnya menambahkan.

“Gol akan datang dengan sendirinya,” pungkas mantan pemain Zulte Waregem itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid