Timnas Indonesia

STY Sebut Timnas Indonesia Bermasalah Tanpa Kehadiran Bek Tengah Elkan Baggott

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong akhirnya menjawab bagaimana peran Elkan Baggott dalam skuadnya. Gara-gara mendapat kabar bahwa Elkan hampir pasti tak membela di 2022 ini, STY menyebut hal itu sebagai sebuah masalah.

Sebagaimana diketahui, untuk mendatangkan Baggott ke Piala AFF 2022, STY harus bekerja keras. Ia bahkan terbang ke Inggris – tepatnya ke klub Baggott untuk melobi klubnya agar ia diperbolehkan untuk membela Timnas Indonesia di saat jadwal padat tengah dijalani timnya (klub).

Lobi tersebut STY lakukan usai membersamai Timnas Indonesia U-20 dalam pemusatan latihan di Spanyol.

Setelah melakukan lobi, STY pulang ke Indonesia guna mempersiapkan anak-anak asuhnya dalam pemusatan latihan yang dilangsungkan di Bali. Dalam daftar 28 pemain yang didaftarkan Shin, nama Elkan masuk di sana. Ya, meski tidak mengikuti pemusatan latihan, namun kehadiran Elkan Baggott sangat diharapkan. Saking diharapkannya, Baggott bahkan hampir pasti masuk skuad Timnas Indonesia meski tidak mengikuti TC selayaknya rekan-rekannya yang lain.

Baca Juga:  Begini Kata Kedua Pelatih Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan

Jadi, di saat bek-bek lain seperti Andy Setyo dan Hansamu Yama Pranata tampil maksimal di TC tersebut demi mendapatkan posisi inti, Baggott justru berbeda. Ia hanya tinggal menyesuaikan waktu di klubnya untuk bisa langsung terbang ke Indonesia dan membela Timnas Indonesia tanpa harus mengikuti pemusatan latihan sekaligus ajang penyeleksian pemain itu.

Namun sayang, setelah kabar terbaru yang disampaikan oleh pelatihnya di Gillingham FC yakni Neil Harris, STY pun pasrah. Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui jika timnya sangat membutuhkan Baggott. Ya, sejak Piala AFF 2020 lalu, berlanjut hingga FIFA Matchday kontra Bangladesh dan disambung dengan serta FIFA Matchday lagi (vs Curacao) lagi, nama Elkan Baggott selalu dipanggil. Ia menjadi benteng pertahanan yang selalu dipercaya Shin.

Namun kini, dikarenakan ia juga menjadi andalan inti di klubnya – ditambah dengan jadwal padat yang akan dilakoni The Gills, maka diputuskanlah bahwa Baggott absen dari tim nasional dan akan membela klubnya. Karena apa? Saat ini, Gillingham dalam performa buruk di ajang League Two. Maka klub berhak untuk menahan sang pemain terlebih ajang yang akan diikutinya bersama tim nasionalnya (Piala AFF 2022) itu tidak masuk dalam kalender resmi FIFA.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

“Memang dengan tidak adanya Elkan (Baggott), saya juga sudah antisipasi. Dia tidak bergabung memang jadi masalah, tapi kita harus mengatasinya dengan baik,” kata Shin Tae-yong setelah mengetahui Baggott absen di Piala AFF 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment