Timnas Indonesia

Singgung AFF dan AFC, STY Ungkap Alasan Tak Panggil Lilipaly dan Spasojevic



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong buka suara soal dirinya yang tak memanggil Ilija Spasojevic dan Stefano Lilipaly ke skuad . Dalam penjelasannya, Shin menyinggung dua turnamen yang kini diikuti skuad Garuda yaitu dan Piala Asia.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong melalui PSSI resmi mengumumkan nama-nama pemain yang akan tampil di 2026. Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, skuad Garuda akan tampil di ronde kedua zona Asia grup F. Dalam grup F itu, Marc Anthony Klok dkk tergabung dengan Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Dijadwalkan, pada bulan November ini, dua dari enam pertandingan di grup F itu akan dilakoni oleh Timnas Indonesia. Pada 16 November mendatang, skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan bertanding melawan Timnas Irak di Basra International Stadium. Beberapa hari sesudahnya atau tepat pada tanggal 21 November, mereka akan kembali bertandang ke markas Filipina di Rizal Memorial Stadium.

Sayangnya, dalam dua laga penting tersebut, Shin mendapatkan kritikan dari beberapa orang karena dianggap mengabaikan beberapa pemain yang diketahui sedang tampil baik dengan klubnya. Ya, dari daftar 27 pemain yang mendapat panggilan, terdapat beberapa nama lain yang tak masuk dalam daftar tersebut. Padahal, pemain yang bersangkutan sedang tampil cukup baik bersama klubnya. Salah satunya adalah Stefano Lilipaly.

Singgung AFF dan AFC, STY Ungkap Alasan Tak Panggil Lilipaly dan Spasojevic
Stefano Lilipaly ketika membela klubnya Borneo FC

Sebelumnya, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde pertama Oktober kemarin, Lilipaly juga tidak masuk ke dalam skuad. Pemain Borneo FC itu absen di dua laga melawan Timnas Brunei Darussalam. Padahal, di waktu yang bersamaan, Lilipaly sedang tampil sempurna bersama klub berjuluk Pesut Etam itu. Oleh karenanya, tak ada yang menduga jika di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua, nama sang pemain kembali diabaikannya.

Setelah cukup lama bungkam, baru-baru ini Shin Tae-yong memberikan alasannya (tak memanggil Lilipaly). Selain Lilipaly, satu pemain lainnya yang tak mendapat panggilan juga disinggung olehnya. Pemain tersebut adalah striker Bali United Ilija Spasojevic.

“Jadi memang menonton video atau tonton langsung di stadion, para fans bisa bicara, cukup berpendapat seperti itu karena memang main bagus,” kata Shin Tae-yong dalam kanal YouTube Vivagoal.

“Saya bukan tidak panggil Spaso dan Lilipaly, mereka pemain baik, tapi saya tegaskan standar saya bukan AFF tapi AFC,” lanjut pria berkebangsaan Korea Selatan itu.

“Spaso sudah tidak muda lagi, jadi saya cari pemain baru jadi dia tidak dipanggil, dan persiapan bukan persiapan liga, tapi persiapan melawan tim-tim yang lebih kuat dari kita 2-3 kali lipat. Jadi standarnya seperti itu kalau lawannya negara ini bisa bersaing atau tidak.”

Shin Tae-yong menegaskan bahwa tak ada unsur kebencian atau rasa tak suka yang membuat dirinya tak memanggil keduanya.

“Bukan rasa benci atau tidak senang dengan pemain, jadi pemanggilan pemain ini bukan seperti pakai kacamata kuda,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid