Timnas Indonesia

Media Prancis Soroti Peluang Emas yang Dibuang Hansamu: Kegagalan yang Mengerikan!



NOBARTV NEWS – Kegagalan Hansamu Yama Pranata mengeksekusi peluang emas di 2022 tidak hanya menjadi konsumsi berbagai media dalam negeri. Media asal Prancis RMC Sport turut memberitakan peluang emas yang disia-siakan bek tengah Persija Jakarta itu.

Sebagaimana diketahui, di matchday kedua Piala AFF 2022 kemarin, skuad Garuda bermain di Stadion Kuala Lumpur Malaysia. Laga tersebut merupakan laga tandang ke markas Brunei Darussalam. Terpilihnya Stadion Kuala Lumpur sendiri dikarenakan Brunei tak memiliki stadion yang dinyatakan lolos verifikasi AFF. Sehingga dipilihlah negara terdekat sebagai kandang mereka di Piala AFF tahun ini.

Di laga tersebut (Indonesia vs Brunei), Marc Klok dkk menang telak atas tuan rumah. Tak tanggung-tanggung, skuad asuhan Shin Tae-yong memborong 7 gol tanpa balas. Gol-gol tersebut dicetak oleh Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri.

Namun seharusnya, Timnas Indonesia bisa saja menang dengan skor yang jauh lebih besar. Pasalnya, banyak sekali peluang emas yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Salah satu peluang emas yang didapatkan skuad Garuda adalah dari bek tengah mereka Hansamu Yama Pranata.

Saat itu, skuad Garuda tengah melakukan serangan dari sisi kiri pertahanan lawan. Bek sayap Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar memberikan umpan datar ke tengah gawang lawan. Tak disangka-sangka, Hansamu yang sejatinya beroperasi di lini bertahan sudah menunggu di depan gawang. Ia tanpa kawalan satu pun pemain lawan.

Berdiri bebas tanpa adanya halangan, Hansamu seharusnya bisa mencetak gol dengan mudah. Sayang, sontekan eks pemain Bhayangkara itu justru melambung tinggi ke atas gawang. Padahal, jarak antara dirinya dengan garis gawang hanya beberapa centimeter saja.

Usai laga, nama Hansamu trending topik di lini masa twitter. Tak lain karena kegagalannya mencetak gol di laga kontra Brunei tersebut. Bahkan, banyak meme yang menyandingkan dirinya dengan striker Liverpool Darwin Nunez.

Tak selesai sampai di situ, media asal Prancis RMC Sport juga turut memberitakannya.

Melalui akun twitternya, RMC Sport menyebut Hansamu sebagai pemain yang mengerikan.

“Kegagalan yang mengerikan untuk pemain malang ini. Kami berharap tidak melihat hal yang sama untuk saat dimulainya kembali Ligue 1 hari ini,” tweet RMC Sport.

Untuk diketahui, Piala AFF 2022 merupakan kali pertama Hansamu dipanggil oleh Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong. Dalam kurun waktu tiga tahun belakang, ia jarang diperhatikan oleh pelatih asal Korea Selatan itu. Namun beruntungnya, dalam daftar 23 pemain yang dibawa Shin, ia menjadi satu dari empat bek tengah yang dipertahankan STY. Tiga bek lain yang juga berposisi sama dengannya adalah Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Fachruddin Aryanto.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment

  1. Biasanya memang seorang bek naluri mencetak golnya kurang, terbukti tidak hanya dia banyak juga bek² di luar negeri sana ada juga yang gagal memanfaatkan peluang untuk menjadi gol. Dan bek ada juga yang gagal pas nendang bola pinalti, tapi seharusnya sih peluang seperti itu bisa dimanfaatkan oleh Hansamu menjadi gol, semoga saja dia memperbaiki tendangannya lagi, finishingnya lagi.