Timnas Indonesia

Segrup dengan Indonesia di Piala Asia U-23, Pelatih Australia Klaim Hafal Cara Main Skuad Garuda



NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Australia U-23 mengaku sudah hafal dengan gaya bermain U-23. Australia U-23 dan Indonesia U-23 berada di grup yang sama dalam ajang tahun depan.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-23 akan kembali beraksi pada tahun 2024 mendatang. Setelah tampil memukau di Kualifikasi Piala Asia U-23 Oktober lalu, Marselino Ferdinan dkk akan kembali beraksi dalam sebuah even yang tak kalah penting yakni Piala Asia U-23 2024.

Menariknya, Piala Asia U-23 2024 merupakan even pertama yang akan diikuti oleh skuad Garuda muda. Ya, sejak edisi pertama (2013) hingga edisi kelima (2022), Timnas Indonesia tak sekalipun pernah mencicipi even itu. Barulah, pada esisi ke-enam yang akan diselenggarakan di Qatar tahun depan, di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong, skuad Timnas Indonesia akhirnya bakal mentas untuk pertama kalinya.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga di ajang tersebut tak lepas dari hasil positif sepanjang babak kualifikasi. Tergabung dengan Timnas China Taipei U-23 dan Timnas Turkmenistan U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 grup K, Ivar Jenner dkk menang telak atas sang lawan. Setelah membantai China Taipei U-23 9-0, Ernando Ari dkk kembali menang atas Turkmenistan U-23 dengan skor akhir 2-0. Hasil tersebut membawa mereka mentas di Piala Asia U-23 2024 atau edisi ke-enam sejak pertama kali digelar.

Akan tetapi, skuad Garuda muda tak boleh sumringah terlebih dahulu. Pasalnya, dalam drawing Piala Asia U-23 2024 kemarin, anak asuh Shin Tae-yong itu dipastikan tergabung dalam grup A bersama tuan rumah dan dua negara kuat lainnya. Mereka adalah Qatar U-23 (tuan rumah), Yordania U-23, dan Australia U-23.

Segrup dengan Indonesia di Piala Asia U-23, Pelatih Australia Klaim Hafal Cara Main Skuad Garuda
Pratama Arhan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 beberapa waktu lalu

Baru-baru ini, salah satu pelatih kontestan di grup A tersebut yakni Tony Vidmar (Australia U-23) berbicara mengenai kekuatan lawan-lawannya. Ia mengkalim kalau dirinya sudah hafal cara bermain lawan-lawannya termasuk dengan Timnas Indonesia.

“Dalam hal grup kami, kami akan menghadapi lawan-lawan yang sudah kami kenal. Kami memahami cara mereka bermain dan kami menantikan tantangan yang akan datang dari turnamen sepak bola itu,” kata Tony Vidmar seperti dilansir dari laman resmi Asosiasi Sepak Bola Australia.

“Kami telah berbicara tentang tujuan dan ambisi kami sebagai sebuah grup, dan sekarang kami tahu jalan kami untuk mencapainya,” ujar Vidmar menambahkan.

“Kami tidak merahasiakan keinginan kami untuk mendapatkan kualifikasi ke Paris 2024 dan memahami kami harus berada dalam kondisi terbaik selama persiapan dan turnamen untuk mencapainya,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid