Timnas Indonesia

Demi Persiapan Timnas Indonesia, PSSI Majukan Kick Off Liga 1

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir memastikan kick off Liga 1 musim 2023-2024 dimajukan. Keputusan itu diambil demi mendukung program .

Sebagaimana diketahui, awalnya, PSSI menyebut Liga 1 musim 2023-2024 akan dimulai pada 14 Juli 2023. Kepastian itu disampaikan oleh Erick beberapa minggu yang lalu.

Akan tetapi, setelah Erick melakukan pertemuan dengan Shin Tae-yong empat mata, Ketua Umum PSSI itu meralat rencana tersebut. Kick off yang awalnya direncanakan akan dibuka pada 14 Juli dimajukan dua minggu ke depan menjadi 1 Juli 2023. Berarti, masih tersisa dua bulan lagi bagi setiap tim untuk mempersiapkan skuadnya.

Kata Erick, pada tahun 2023 ini, Timnas Indonesia di berbagai kelompok memiliki cukup banyak agenda. Agenda tersebut seperti FIFA Matchday 2023, , 2026, hingga Piala Asia 2023 yang akan dihelat pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Even-even tersebut akan digelar di tengah kalender Liga 1 musim 2023-2024 yang biasanya berjalan selama satu tahun penuh. Sementara itu, di tengah-tengah musim itu, Timnas Indonesia juga sedang mempersiapkan diri. Maka daripada itu, untuk mendukung program Timnas Indonesia, PSSI pun memajukan kick off Liga 1 agar persiapan mereka (Timnas Indonesia) tidak menjadi terganggu.

“Saya baru bicara dengan Coach Shin Tae-yong. Ternyata kalender kita makin dekat dengan ada Asian Games, ada AFC (Piala Asia), ada jadwal FIFA Matchday lagi,” kata Erick Thohir.

Untuk mempercepat alias memajukan kick off tersebut, Erick juga sudah menghubungi PT LIB (Liga Indonesia Bersatu) selaku operator Liga 1.

“Tadi saya sudah telepon LIB juga, wah ini sepertinya kita mesti tarik ulur jadwal,” ujarnya menambahkan.

“Punya cita-cita terbaik, tapi timnas juga tidak punya pemain yang maksimal, karena jadwalnya belum sepakat. Jadi revisi itu biasa, awalnya 14 Juli, sekarang 1 (Juli),” ujarnya memungkasi.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kemungkinan besar, ada beberapa hal yang berubah terkait regulasi Liga 1 musim depan. Hal itu pernah disampaikan lewat Sarasehan Sepak Bola Indonesia yang dilakukan beberapa bulan lalu. Saat itu, Erick mengumpulkan perwakilan klub Liga 1 dan 2.

Mereka dikumpulkan untuk melakukan tukar pendapat sekaligus menyampaikan usul terkait kompetisi domestik di Indonesia. Salah satu hal yang dibahas saat itu adalah terkait dengan adanya babak play off untuk menentukan juara Liga 1 musim depan. Jadi, ketika seluruh tim sudah bermain semusim penuh, maka peringkat pertama, kedua, ketiga, dan keempat akan saling berhadapan dalam babak play off. Pemenang di babak final nanti akan resmi menjadi juara Liga 1 untuk musim tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut masih sebatas wacana saja. Sebab semuanya akan dirundingkan lagi dalam rapat resmi sebelum kick off pada 1 Juli mendatang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment