Timnas Indonesia

Serba-serbi Menarik Indonesia U-17 vs Ekuador U-17 di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS U-17 berhasil menahan imbang Ekuador U-17 dalam laga sengit tadi malam. Beberapa momen unik tercipta di laga tersebut.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) memulai partai perdananya dalam ajang 2023. Di laga tersebut, anak asuh Bima Sakti itu berjumpa dengan Timnas Ekuador U-17.

Bertindak sebagai tuan rumah, suporter Timnas Indonesia membanjiri seisi Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Bahkan, bukan hanya suporter saja, tapi berbagai tokoh penting juga hadir di laga tersebut. Sebut saja seperti Presiden RI Joko Widodo, Presiden FIFA Gianni Infantino, Ketua Umum PSSI Erick Thohir beserta wakilnya, Menpora RI Dito Ariotedjo, hingga beberapa tokoh sepakbola dan selebriti juga tampak hadir di tribun penonton.

Serba-serbi Menarik Indonesia U-17 vs Ekuador U-17 di Piala Dunia U-17 2023
Selebrasi Arkhan Kaka usai cetak gol ke gawang Ekuador U-17 tadi malam

Di laga ini sendiri skuad Timnas U-17 bermain imbang dengan sang lawan dengan skor akhir 1-1. Terlepas dari hasil tersebut, terdapat beberapa momen menarik yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja itu? Berikut serba-serbi Indonesia U-17 versus Ekuador U-17:

1. Arkhan Kaka jadi orang Indonesia pertama yang cetak gol di Piala Dunia U-17

Meskipun Timnas Indonesia U-17 ditahan imbang sang lawan, namun sebuah sejarah telah tercipta pada malam hari tadi. Ya, striker muda Persis Solo Arkhan Kaka resmi menyematkan dirinya sebagai orang Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia U-17.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

2. Persembahan gol Kaka untuk ibunda tercinta

Selebrasi emosional dilakukan Arkhan Kaka pasca membuat gol ke gawang Ekuador U-17. Pemilik nomor punggung 8 itu berlari ke arah tribun penonton untuk merayakan gol tersebut. Pasca pertandingan, Kaka menyebut gol itu ia persembahkan untuk sang ibu tercinta.

“Alhamdulillah senang dan bangga juga (jadi orang Indonesia pertama yang cetak gol di Piala Dunia). Tadi gol saya persembahkan untuk ibu saya yang tepat di hari ini beliau ulang tahun,” kata Arkhan Kaka.

3. Kiper Indonesia raih rating tertinggi di antara pemain Garuda Asia lainnya

Berbagai penyelamatan penting dilakukan oleh kiper Timnas Indonesia U-17 Ikram Al-Ghifari tadi malam. Penyelamatan-penyelamatan tersebut membuat Timnas Indonesia U-17 hanya kebobolan satu gol saja. Alhasil, Ikram mendapatkan rating tertinggi di antara pemain Timnas Indonesia U-17 lainnya di laga itu.

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

Diketahui, Ikram mendapatkan rating 8,0 disusul oleh Arkhan Kaka 7,1 dan Jehan Pahlevi 7,0.

4. Indonesia raih poin perdananya di ajang Piala Dunia U-17

Hasil imbang 1-1 tadi malam membuat Timnas Indonesia U-17 resmi mendapatkan satu poin. Meski sedikit, namun poin tersebut menjadi yang perdana untuk Timnas Indonesia U-17 sepanjang sejarah Piala Dunia U-17 digelar.

5. Tambahan waktu hingga 15 menit

Wasit memberikan tambahan waktu yang cukup lama pada laga semalam. Wajar, karena beberapa momen pertandingan sempat tertunda akibat satu persatu pemain yang kelelahan dan terjatuh di tengah lapangan. Wasit pada laga malam tadi memberikan tambahan waktu 13 menit. Namun ternyata, pertandingan terus berlanjut hingga 90+15.

6. Dihadiri Jokowi dan presiden FIFA

Seperti yang disebutkan di atas, berbagai tokoh penting hadir di laga tersebut. Selain Jokowi dan Gianni Infantino, beberapa pejabat penting FIFA dan Menteri era Jokowi hadir menyaksikan laga Indonesia kontra Ekuador.

7. Bertepatan dengan hari pahlawan

Uniknya, laga Indonesia versus Ekuador ini bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2023. Hal yang lebih istimewa lagi adalah laga tersebut digelar di kota yang juga dijuluki sebagai Kota Pahlawan Surabaya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid