Timnas Indonesia

Daftar Pemain Abroad Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Paling Banyak!



NOBARTV NEWS – Pagelaran sepak bola terbesar se-Asia Tenggara sudah resmi dibuka. Beberapa tim sudah memulai pertandingan berbekal skuad terbaiknya. Namun adapula yang belum memainkan pertandingan sama sekali seperti . Nah, di even kali ini, beberapa tim mengandalkan pemain abroad. Siapa saja?

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia mengandalkan banyak pemain abroad di even sepak bola dua tahunan ini. Namun sayang, tidak semua pemain yang diharapkan membela Timnas Indonesia bisa tampil. Seperti Elkan Baggott (Gillingham FC) dan Sandy Walsh (KV Mechelen).

Keduanya terpaksa dicoret Shin Tae-yong menjelang 2022. Tapi sebetulnya, bukan hanya Indonesia, beberapa tim lainnya juga tidak bisa membawa pemain abroadnya ke even sepak bola dua tahunan ini. Hal ini tak lain karena klub memiliki alasan kuat untuk menolak. Piala AFF adalah turnamen non-FIFA sehingga klub tidak memiliki kewajiban untuk melepas pemainnya.

Lalu, siapa saja pemain abroad yang berkesempatan tampil di Piala AFF 2022 ini? Berikut daftarnya!

1. Timnas Indonesia

Dari 8 pemain abroad yang diharapkan bisa tampil membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, hanya 6 pemain yang akhirnya resmi didaftarkan. Keenam pemain tersebut bermain di Liga Asia hingga Eropa.

Sebut saja seperti Asnawi Mangkualam Bahar di Selatan bersama Ansan Greeners. Lalu ada Pratama Arhan yang juga berada di Asia bersama klub J2 League Tokyo Verdy.

Selain itu, ada Saddil Ramdani dan Jordi Amat yang berkarir bersama Sabah FC dan Johor Darul Takzim.

Dari daratan Eropa, ada Witan Sulaeman di klub Slovakia AS Trencin dan Egy Maulana Vikri bersama ViOn Zlate Moravce.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

2. Timnas Myanmar

Sama seperti Timnas Indonesia, skuad Myanmar juga berkekuatan 6 pemain abroad. Lima bermain di atau Thai League dan satu bermain di Liga Malaysia.

Mereka adalah sang striker Aung Kaung Mann yang bermain di Thai League 2 bersama Udon Thani FC. Sang kapten Maung Maung Lwin di Lamphun Warrior. Lwin Moe Aung di Rayong FC. Myo Min Latt dan Hein Phyo Win di Ratchaburi FC. Serta satu pemain di yakni Hein Htet Aung di Selangor FA.

3. Timnas Filipina

Sebenarnya, banyak pemain Filipina yang abroad dan bermain di klub-klub elit Eropa. Hanya saja, mereka tidak turun di Piala AFF 2022 ini. Sehingga kini, hanya empat pemain abroad yang benar-benar dibawa oleh sang pelatih.

Keempat pemain tersebut adalah sang kiper Kevin Ray Mendoza (Kuala Lumpur City FC), Jefferson David Tabinas (Mitto HollyHock), Amani Aguinaldo (Swat Cat), dan Oliver Bias (Chiangmai United).

4. Timnas Singapura

Singapura hanya berkekuatan 2 pemain abroad di Piala AFF 2022 ini. Ke-duanya sama-sama berposisi sebagai pemain belakang.

Irfan Fandi adalah bek tengah yang bermain di BG Pathum United dan Ryhan Stewart bek kanan Chiangmai FC.

5. Timnas Laos

Timnas Laos berkekuatan dua pemain abroad yang sama-sama menimba ilmu di Liga Thailand. Keduanya adalah Soukaphone Vongchiengkham (Trat FC) dan Phithack Kongmathilath (Nakhonpathom). Dua klub tersebut bermain di kasta kedua Liga Thailand.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

6. Timnas Vietnam

Satu-satunya pemain Vietnam yang abroad dan ikut di Piala AFF 2022 ini adalah Quang Hai Nguyen. Meski demikian, pemain ini merupakan pemain berbahaya karena sejak sebelum abroad pun selalu menjadi ancaman bagi lawan-lawan Vietnam.

Saat ini Quang Hai Nguyen bermain di Pau FC di Ligue 2.

7. Timnas Malaysia

Berbeda dengan Timnas Indonesia yang ngotot untuk memainkan seluruh pemain abroadnya, Timnas Malaysia justru tidak. Harimau Malaya tidak diperkuat oleh Dion Cools yang di edisi sebelumnya ikut bermain.

Jadi, di Piala AFF 2022 ini, Kim Pan-gon hanya memiliki satu pemain abroad yakni Safawi Rasid. Safawi tercatat sebagai pemain pinjaman Ratchaburi FC dari Johor Darul Takzim.

8. Timnas Thailand

Tidak ada nama Chanathip Songkrasin di skuad Thailand untuk Piala AFF 2022. Pemain terbaik Piala AFF 2020 itu tak diikutsertakan Mano Polking. Bukan karena tidak ingin, namun sang pemain sendiri memilih rehat alih-alih tampil di ajang yang tak masuk dalam kalender resmi FIFA.

Thailand hanya mendaftarkan satu pemain abroad yakni gelandang tengah senior Sanrawat Dechmitr. Sanrawat Dechmitr bermain di Liga Super Malaysia bersama Kedah Darul Aman FC.

9. Timnas Kamboja

Lawan Indonesia di partai perdana Piala AFF 2022 Timnas Kamboja hanya membawa satu pemain abroad. Dia adalah Nick Taylor. Winger kiri Timnas Kamboja ini berkarir di divisi ketika Serikat bersama Orlando City B.

Dengan demikian, hanya Brunei Darussalam yang full berkekuatan pemain lokal tanpa satupun pemain abroad di Piala AFF 2022 ini.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

32 Comments