Timnas Indonesia

Selangkah Lagi! Dua Pemain Naturalisasi Sandang Status WNI



Selangkah Lagi! Dua Pemain Naturalisasi Sandang Status WNI
 Jordi Amat

NOBARTV NEWS – Pelatih , Shin Tae-Yong termasuk pelatih yang tidak anti dengan proses naturalisasi. Dia bahkan meminta beberapa nama pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Liga Eropa. Namun, hanya dua nama yang saat ini kemungkinan lebih dulu bergabung, yaitu Jordi Amat dan Sandy Wals.

Selain dua nama di atas, ada dua nama lainnya yang diminta secara khusus oleh Shin Tae-Yong untuk membela Timnas Indonesia. Yaitu Mees Hilgers dan Ragnar Oratmagoen. Namun, sampai saat ini, baru Sandy Wals dan Jordi Amat yang kemungkinan besar akan bergabung terlebih dahulu. Kedua pemain tersebut dikabarkan sudah melengkapi dokumen administrasi. Setelah itu, tinggal menunggu untuk diserahkan dari PSSI kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Masyarakat Indonesia tentu tidak ingin menunggu waktu lama untuk menyaksikan pemain-pemain keturunan tersebut membela Timnas Indonesia. Ada sebuah kebanggaan dan keharuan tersendiri ketika ada orang di luar sana yang bisa saja membela negara lain tapi justru memilih untuk mengenakan jersey merah putih.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Selain nama-nama yang disebutkan di atas, Indonesia juga pernah melakukan naturalisasi. Pemain naturalisasi terbaik sejauh ini adalah Cristian Gonzales. Pada tahun 2010 silam, PSSI baru resmi memperkenalkan Gonzalez sebagai juru serang Timnas Indonesia justru menjelang satu bulan diadakannya turnamen 2010. Gonzalez bisa dibilang sukses pada tahun itu. Meski gagal juara karena kalah di final menghadapi Timnas Malaysia, tendangan gledek Gonzalez akan selalu diingat oleh pecinta sepakbola Indonesia.

Namun seribu sayang, Gonzalez waktu itu sudah terbilang tidak berada di fase energik untuk ukuran pesepakbola. Pada tahun tersebut, Gonzalez sudah memasuki usia yang tidak muda lagi. Selain ia (Gonzalez), PSSI juga berhasil menaturalisasi beberapa nama, di antaranya Sergio Van Dijk, eks Persib Bandung, Stefano Lilipaly pemain Bali United, dan beberapa nama yang tidak terlalu bersinar.

Maka, mendengar kabar PSSI menaturalisasi pemain lagi, masyarakat Indonesia tentu begitu excited. Terlebih, keempat nama yang akan dinaturalisasi tahun ini masih terbilang usia muda. Sehingga, Coach Shin Tae-Yong pun tidak pikir lama untuk menunjuk nama-nama mereka.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI, Hasani Abdulgani mengungkapkan kebahagiaannya lewat akun instagramnya. “Banyak pengemar Timnas tidak sabar menanti soal pemain turunan, khususnya Sandy Walsh dan Jordi Amat. Alhamdullilah setelah kekurangan dokumen dilengkapi oleh mereka tadi malam waktu Indonesia. Hari ini, Ketum PSSI langsung meminta tim legal PSSI mengirim berkas kedua pemain tersebut kepada Menpora. Mohon doa dan supportnya semoga berjalan lancar. Garuda Didadaku. Believe!” Tulisnya.

Adapun Sandy Wals dan ketiga nama lainnya diproyeksikan untuk bergabung dengan Timnas dan bisa bermain semua sebelum Juni 2022. Pada saat itu, Indonesia akan bermain untuk putaran ketiga tepatnya pada tanggal 8 – 14 Juni 2022.

Semoga proses naturalisasi semua pemain dilancarkan. Demi melihat Timnas Indonesia tampil di putaran final Piala Asia tahun depan. Jika sepak bola Indonesia belum bisa sampai piala dunia, turnamen Asia sepertinya akan masuk akal jika kita bersungguh-sungguh mewujudkannya.

Semoga permainan Timnas Indonesia semakin baik dengan bertambahnya pemain keturunan. Serta semoga Timnas Indonesia semakin maju dan berjaya! Bravo Timnas Indonesia!

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid