Timnas Indonesia

5 Pemain Timnas yang Paling Sering Diturunkan di Era Shin Tae-Yong



5 Pemain Timnas yang Paling Sering Diturunkan di Era Shin Tae-Yong
Ricky Kambuaya

NOBARTV NEWS – Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong resmi memegang kendali sejak tahun 2020 lalu. Di bawah kepemimpinannya, beberapa pemain silih berganti mengisi skuad Timnas Indonesia. Beberapa pemain tersisih, adapula yang bertahan hingga saat ini.

Di Indonesia, Shin Tae-Yong menangani tiga tim sekaligus. Pertama, Timnas Indonesia senior, kedua Timnas Indonesia U-23, dan terakhir Timnas Indonesia U-19.

Tim-tim tersebut pernah merasakan gaya kepelatihan Shin Tae-yong. Dua di antaranya bahkan pernah bahu membahu bersama Shin Tae-Yong dalam sebuah event resmi : yakni 2020 dan SEA Games 2021. Di Piala AFF tahun lalu (2020), Shin Tae-Yong mampu membawa Timnas Indonesia senior finis di posisi runner-up.

Sedangkan bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Shin Tae-Yong hanya mampu membawa Garuda muda finis di urutan ketiga.

Sebetulnya, Timnas Indonesia U-19 berpeluang untuk dilatih Shin Tae-Yong dalam ajang yang sedang diselenggarakan saat ini yakni Piala Toulon. Sayang, Coach Shin tengah disibukkan dengan agenda Timnas senior di ajang FIFA Matchday dan .

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Selama melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong tentunya memiliki beberapa pemain favorit yang sangat sesuai dengan taktik melatihnya. Khusus untuk Timnas senior, siapa saja pemain yang paling banyak diturunkan oleh pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu? Berikut nama-namanya :

1. Rachmat Irianto

Permusim depan, Irianto akan berseragam Persib Bandung di kompetisi tertinggi Liga Indonesia. Sebelumnya, pemain yang selalu menjadi andalan Shin Tae-Yong di lini tengah Timnas Indonesia itu bermain untuk Persebaya Surabaya. Rachmat Irianto menjadi pemain yang paling sering diturunkan Shin Tae-Yong dengan total 23 kali penampilan.

2. Asnawi Mangkualam Bahar

Tidak heran jika Asnawi menempati posisi kedua. Pemain Ansan Greeners ini selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-Yong di posisi bek sayap kanan. Penampilannya tidak akan tergantikan kecuali ia sedang dilanda cidera atau mendapatkan akumulasi kartu. Asnawi telah turun sebanyak 22 kali di bawah kepemimpinan Shin Tae-Yong.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

3. Alfeandra Dewangga dan Ricky Kambuaya

Sama-sama mengemas 19 caps di bawah arahan Shin Tae-Yong, dua pemain ini selalu mendapatkan tempat di hati Coach Shin. Untuk Dewangga, ia memiliki kelebihan yakni mampu menempati dua posisi sekaligus. Dewangga bisa dipasang sebagai bek tengah dan bisa juga ditaruh sebagai bek sayap kiri.

Sedangkan Kambuaya, dirinya selalu menjadi andalan Shin Tae-Yong di beberapa laga penting Timnas Indonesia. Dari Piala AFF hingga SEA Games, Kambuaya selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-Yong.

4. Fachruddin Aryanto

Fachruddin merupakan pemain senior yang tidak memiliki pengganti sepadan untuk saat ini. Di SEA Games 2021 kemarin, Fachruddin menjadi salah satu pemain yang tidak tergantikan sejak fase grup hingga perebutan tempat ketiga.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid