Timnas Indonesia

Profil Timnas India, Calon Lawan Timnas Indonesia dengan Full Skuad Lokal



Profil Timnas India, Calon Lawan Timnas Indonesia dengan Full Skuad Lokal
Kapten Timnas India, Sunil Chettri

NOBARTV NEWS – Dari ketiga calon lawan Indonesia di FIFA Matchday mendatang, menarik untuk melihat komposisi skuad Timnas India. India menjadi satu-satunya tim yang diisi oleh full skuad lokal.

Sebelumnya, PSSI telah mengumumkan 3 calon lawan Indonesia di FIFA Matchday yang akan dihelat pada bulan September mendatang. Selain India, dua tim lainnya adalah Timnas Hongkong dan Curacao. Hongkong merupakan tim asal Benua Asia dengan sub-konfederasi EAFF atau Asia Timur, sedangkan Curacao merupakan tim asal Benua Amerika Selatan yang tergabung dalam zona Concacaf.

Namun sayang, dari tiga calon lawan Indonesia itu, hanya Timnas Curacao yang memiliki kendala untuk datang ke Indonesia.

“Saat ini PSSI menjajaki ujicoba dengan negara Curacao, India, atau Hong Kong. PSSI terus berkomunikasi dengan tiga negara itu. Tetapi, untuk Curacao ada kendala. Sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin, yang jadi salah satu syarat masuk Indonesia,” rilis resmi PSSI.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

sendiri hanya akan bertanding dua kali dan melawan dua dari tiga tim tersebut. Jika skuad maupun staf Curacao belum juga melakukan vaksinasi, maka besar kemungkinannya India dan Hongkong yang akan menjadi lawan tanding Timnas Indonesia.

Terlepas dari siapa yang akan menjadi lawan tandingnya, menarik sekali untuk mencermati kondisi skuad Timnas India. Ternyata, dari total 24 punggawa The Blue Tigers (julukan Timnas India) saat ini, seluruh pemainnya bermain di liga lokal atau Indian Super League.

Salah satu pemain yang paling berbahaya di sisi skuad India adalah sang striker dan juga kapten tim, Sunil Chhetri. Meski sudah tidak muda lagi (37 tahun), Sunil tetap dipercaya oleh pelatih Timnas India di berbagai kesempatan. Sunil tercatat sebagai pemain klub raksasa India, Bengaluru FC.

Sunil juga menjadi salah satu tulang punggung Timnas India ketika mengikuti beberapa waktu lalu. Segrup dengan Timnas Hongkong, Kamboja, dan Afganistan di grup D, The Blue Tigers menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Dengan hasil tersebut, India lolos ke Piala Asia 2023 dengan statusnya sebagai juara grup – sedangkan Timnas Indonesia lolos sebagai salah satu runner-up terbaik dalam babak kualifikasi tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Timnas India disebut menjadi lawan yang tepat – karena keduanya bisa saja bertemu di Piala Asia 2023. Selain demi mengasah kemampuan jelang Piala Asia, India bisa jadi lawan yang – jika Indonesia menang, maka akan memperbaiki peringkat Garuda Nusantara di rangking FIFA.

Saat ini, Timnas India bertengger di posisi 104 FIFA atau urutan ke-19 di zona AFC (Asia). Dengan demikian, kemenangan atas India akan mengubah peringkat Indonesia secara drastis.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid