Timnas Indonesia

Tiga Pemain Senior yang Layak Dipakai Indra Sjafri di SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bakal menukangi di SEA Games 2023 mendatang. Di kompetisi tersebut, terdapat beberapa pemain senior Indonesia yang bisa diandalkan oleh sang pelatih. Siapa saja?

Sebagaimana diketahui, Kamboja selaku tuan rumah even multi olahraga Asia Tenggara atau dikenal SEA Games 2023 sedikit mengubah peraturan. Peraturan yang diubah yakni terkait dengan usia maksimal untuk peserta cabang olahraga sepak bola putera.

Sebelumnya, di SEA Games 2021 di Vietnam, usia maksimal untuk pemain sepak bola adalah 23 tahun. Namun setiap tim diperbolehkan untuk mendaftarkan tiga di antaranya dengan usia lebih dari batas maksimal tersebut.

Namun kini, Kamboja mengkoreksinya menjadi usia maksimum untuk peserta yakni 22 tahun dan hanya diperbolehkan mendaftarkan dua pemain dengan usia di atasnya. Jadi, pemain yang bisa digunakan Indra di even tersebut yakni kelahiran 1 Januari 2021 dan setelahnya. Sementara dua pemain boleh berusia lebih dari tanggal kelahiran tersebut.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Beruntungnya, di era kepelatihan Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan itu banyak menggunakan pemain muda untuk pemain seniornya. Sehingga hal ini memudahkan Shin untuk memilih punggawa sesuai dengan kriterianya. Sebab beberapa pemain kelahiran 1 Januari 2001 ke bawah ini sudah pernah dipercaya STY di kelompok umur senior sebelumnya.

Kehadiran para pemain senior ini juga bisa dijadikan ajang pemanasan sebelum mereka tampil di Piala Asia 2023 di Qatar tahun depan. Lalu, siapa saja pemain senior Timnas Indonesia yang layak masuk ke tim tersebut di luar pemain U-22 plus? Berikut daftarnya!

1. Rizky Ridho (21 November 2001)

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini sangat layak untuk dibawa Indra ke SEA Games nanti. Pengalamannya di lini belakang Garuda muda sudah tak usah diragukan lagi. Ridho merupakan salah satu punggawa Timnas Indonesia di SEA Games sebelumnya yakni pada edisi 2021 lalu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Selain itu, Ridho juga merupakan pemain Timnas Indonesia di 2022 kemarin.

2. Witan Sulaeman (8 Oktober 2001)

Meski sudah tak bermain di luar negeri lagi, namun pemain anyar Persija Jakarta ini masih tepat untuk digunakan di SEA Games nanti. Lini sayap Timnas Indonesia akan lebih baik dengan kehadiran eks pemain Lechia Gdansk dan AS Trencin ini.

3. Ramadhan Sananta (27 November 2002)

Masih berusia muda yakni 20 tahun, striker milik PSM Makassar ini patut untuk dicoba kembali. Sebab sebagaimana diketahui, di Piala AFF 2022 kemarin, Sananta tak mendapatkan kesempatan untuk turun lebih banyak. Padahal, kemampuan pemain berpostur 1,82 miliar ini sangat berpengaruh di dalam lapangan.

Musim ini, di Liga Indonesia, Sananta telah mengemas 7 gol dan 1 assist dari total 13 pertandingan. Jika performanya semakin membaik, maka bukan hal mustahil jika ia dipercaya oleh Indra Sjafri.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments