Timnas Indonesia

Raport Uji Coba Garuda Muda di Turki: Tumbang dari Tuan Rumah, Berjaya Hadapi Tim Lokal



NOBARTV NEWS U-20 telah menyelesaikan seluruh laga uji coba tahap pertama di Turki. Dari empat laga uji coba tersebut, terdapat pekerjaan rumah yang sangat besar – yang harus segera ditanggulangi Shin Tae-yong.

Pemusatan latihan di Turki tidak menjadi akhir dari serangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia. Setelah ini, mereka akan berangkat menuju Spanyol – tepatnya di Kota Malaga untuk melakukan hal yang sama. Serupa dengan di Turki, setibanya di Spanyol nanti Timnas Indonesia juga akan melakoni beberapa laga uji coba.

Seluruh persiapan baik itu pemusatan latihan atau uji coba ini diharapkan mampu menjadi pelajaran penting bagi Garuda muda sebelum berlaga di dua even penting tahun depan. Dijadwalkan, Timnas Indonesia U-20 akan turun dalam ajang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dan 2023 di rumah sendiri.

Di Piala Asia U-20, skuad Garuda muda tergabung di grup A bersama sang tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Turnamen ini akan dihelat pada 1 sampai 18 Maret 2023. Empat tim terbaik atau semifinalis Piala Asia U-20 berhak melaju ke Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan tidak jauh sesudah Piala Asia U-20 2023.

Adapun di Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia sudah dipastikan lolos karena berstatus sebagai tuan rumah. Di Piala Dunia U-20 ini, Timnas Indonesia dipastikan tergabung di pot 1 bersama tim kuat lainnya. Namun mengingat seluruh kontestan belum selesai diundi (karena beberapa masih dalam babak kualifikasi), maka pembagian grup untuk even ini belum dilakukan.

Atas dasar itulah, pemusatan latihan Timnas Indonesia selama dua bulan di Eropa ini diharapkan menjadi pelajaran berharga bagi Marselino Ferdinan dkk sebelum bertanding di dua even tersebut. Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 sama pentingnya. Maka daripada itu, dua bulan ini harus dimanfaatkan sebagai mungkin bagi skuad Garuda muda.

Kini, tinggal satu destinasi pemusatan latihan yang akan dikunjungi Garuda muda yaitu Spanyol. Di Turki, skuad asuhan Shin Tae-yong itu telah menyelesaikan seluruh uji coba dengan hasil yang belum maksimal.

Berikut raport uji coba Timnas Indonesia selama di Turki:

1. Timnas Indonesia Vs Cakallikli Spor

Dalam uji coba pertamanya, Timnas Indonesia sukses membenamkan perlawanan tim lokal Cakallikli Spor 2-1. Dua gol Garuda muda dicetak oleh Ginanjar Wahyu dan Ricky Pratama.

2. Timnas Indonesia Vs Turki

Menghadapi tuan rumah Turki U-20, skuad Garuda muda tak berdaya. Hal ini cukup wajar karena Turki merupakan tim yang disegani dan sangat kuat di Eropa. Di laga ini, Timnas Indonesia takluk dengan skor 2-1. Satu-satunya gol yang berhasil dicetak Garuda muda berasal dari kaki pemain Persija Dony Tri Pamungkas.

3. Timnas Indonesia Vs Moldova Bagian Pertama

Timnas Indonesia berkesempatan melawan negara lainnya dalam uji coba di Turki. Menghadapi Moldova di laga uji coba ketiganya, Timnas Indonesia berhasil bangkit setelah sempat tertinggal 1-0.

Skor akhir 1-3 menjadi penutup laga ini. Tiga gol Garuda muda diceploskan oleh Rabbani Tasnim, Muhammad Ferrari, dan Marselino Ferdinan.

4. Timnas Indonesia Vs Moldova Bagian Kedua

Garuda muda menghadapi Moldova sebanyak dua kali sekaligus menjadi pertandingan uji coba terakhir selama di Turki. Sayang, di laga penutup ini, Timnas Indonesia hanya meraih hasil imbang. Shin Tae-yong melakukan perubahan besar-besaran di laga pamungkas ini.

Dari serangkaian uji coba tersebut, sudah jelas faktor yang harus dibenahi Shin Tae-yong. Tak lain dan tak bukan adalah finishing yang dirasa amat kurang dimiliki oleh barisan lini depan skuad Garuda muda. Semoga di pemusatan latihan di Spanyol nanti lini depan, tengah, hingga belakang skuad Garuda muda lebih terasah dan mumpuni dari saat ini.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments