Timnas Indonesia

Sudah Disetujui Presiden, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Tinggal Tunggu Sumpah WNI



NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi bek Viking FK Shayne Pattynama tinggal menunggu satu tahap lagi. Setelah berkas naturalisasi sang pemain disetujui atau ditandangani oleh Presiden RI Joko Widodo, kini sang pemain tinggal menunggu proses sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM.

Sebagaimana diketahui, selain Shayne Pattynama, terdapat dua pemain yang sudah melakukan proses naturalisasi terlebih dahulu. Adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat, dua pemain tersebut berikut dengan Pattynama ditargetkan sudah bisa membela di Piala Asia 2023.

Ketiga pemain tersebut memiliki darah keturunan Indonesia dan juga bersedia untuk berpindah kewarganegaraan. Setelah ke-tiganya diamati dan dinilai secara langsung oleh sang pelatih Shin Tae-yong, ke-tiganya segera diberikan lampu hijau untuk dinaturalisasi.

Akan tetapi, sampai saat ini, hanya Sandy Walsh dan Jordi Amat yang sudah resmi menjadi WNI. Keduanya sudah melakukan sumpah WNI terlebih dahulu beberapa pekan sebelum even 2022 yang dimulai pada pertengahan Desember tahun lalu. Saat itu, proses naturalisasi keduanya dikebut agar bisa bermain di Piala AFF tersebut. Sayang, hanya Jordi Amat yang akhirnya benar-benar bermain karena Sandy Walsh diminta kembali ke klubnya dalam pemusatan latihan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Dan kini, setelah Piala AFF 2022 tersebut rampung, kabar baik datang untuk Timnas Indonesia. Satu pemain lainnya yakni Shayne Pattynama sudah mendapatkan persetujuan untuk dinaturalisasi oleh Presiden RI Joko Widodo. PSSI dan Kemenkumham RI tinggal menunggu waktu luang sang pemain untuk bisa datang ke Indonesia guna melakukan sumpah WNI seperti yang sudah dilakukan dua pemain sebelumnya.

“Nunggu waktu luang Pattynama,” terang Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri pada Senin 15 Januari kemarin.

“Nanti akan saya coba tanya ke bagian itu (yang menangani proses naturalisasi Pattynama),” tambah eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Target Pattynama Usai Resmi Menjadi WNI

Pattynama sudah lama mendambakan dirinya untuk membela Timnas Indonesia. Baginya, memperkuat skuad Garuda adalah sebuah mimpi yang sudah lama ia idam-idamkan.

“Ini adalah langkah besar bagi saya (menuju jadi WNI), dan saya sangat antusias tentang proses ini. Saya adalah seorang dengan mimpi besar,” kata bek sayap Viking FK itu di awal-awal proses naturalisasi pada tahun lalu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Harapan saya ke depannya untuk sepak bola Indonesia, saya melihat PSSI tengah menjalankan proyek besar,” ujarnya menambahkan.

Sebagai penutup, ia berhasrat tampil maksimal di Piala Asia 2023 nanti. Tak hanya itu, ia memiliki cita-cita membawa Timnas Indonesia tampil di even paling bergengsi yakni Piala Dunia.

“Dan saya ingin berkontribusi di situ, berkontribusi di timnas Indonesia. Saya ingin Indonesia main di Piala Dunia dan berkontribusi di Piala Asia 2023 nanti,” tutupnya kemudian.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments