Piala AFF

Semifinal Piala AFF U-16: Berikut 3 Fakta Menarik Sebelum Laga antara Indonesia Kontra Myanmar



Semifinal Piala AFF U-16: Berikut 3 Fakta Menarik Sebelum Laga antara Indonesia Kontra Myanmar
Salah seorang pemain U-16 tengah berselebrasi

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak semifinal U-16. Bertindak sebagai tuan rumah, Garuda Asia sapu bersih seluruh laga di fase grup dengan kemenangan. Dijadwalkan, skuad asuhan Bima Sakti itu akan berhadapan dengan juara grup C Myanmar di babak semifinal. Namun, sebelum laga tersebut dihelat, mari simak beberapa fakta terkait laga tersebut.

1. Berkaca dari Fase Grup Piala AFF U-16 2022, Indonesia Jauh Lebih Diunggulkan

Wajar saja jika Garuda Asia lebih diunggulkan dalam laga ini. Sebab selain sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 juga menjadi tim paling produktif.

Anak asuh Bima Sakti itu telah mencetak 13 gol sedangkan Myanmar hanya dengan 5 gol saja.

Selain itu, di posisi lini pertahanan, Indonesia hanya kebobolan sebanyak 1 kali sedangkan sang lawan telah dibobol sebanyak 3 kali.

Sebuah perbandingan yang cukup mencolok dari masing-masing tim.

2. Nabil Asyura Jadi Momok Menakutkan Bagi Myanmar

Di sisi skuad Timnas Indonesia, Bima Sakti memiliki sosok striker tajam seperti Nabil Asyura. Sebetulnya, selain Nabil, ada nama lainnya yang juga tak kalah menakutkan seperti Arkhan Kaka dan Kafiatur Rizky yang masing-masing telah mencetak dua gol.

Sejauh ini, Nabil memimpin top skor sementara Piala AFF U-16 dengan torehan 4 gol bersama Alexandro Lemos (Timor-Leste) dan Phan Thanh Đức Thiện (Vietnam).

Sedangkan Myanmar tidak memiliki stiker tajam di sisi skuadnya. Tak satupun pemain Myanmar yang mampu mencetak lebih dari satu gol. Berbanding terbalik dengan Nabil Asyura yang terbukti tidak hanya tajam ketika melawan tim lemah namun juga menggila ketika berhadapan dengan tim kuat seperti Vietnam.

3. Secara head to head, Indonesia Lebih Diunggulkan

Sepanjang sejarah dihelatnya Piala AFF U-16, Indonesia dan Myanmar telah bertemu sebanyak lima kali. Dua kemenangan untuk Garuda Asia, dua kemenangan untuk Myanmar, dan sisanya (1) bermain imbang.

Kemenangan Myanmar diraih di era Piala AFF U-16 tahun 2000-an. Sedangkan di tiga pertemuan terakhirnya, Indonesia menang sebanyak dua kali dan satu kali menahan imbang Myanmar.

Jika melihat dari komposisi skuad modern Indonesia saat ini, besar kemungkinannya Garuda Asia akan merengkuh kemenangan ketiganya atas Myanmar sepanjang sejarah.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut head to head Timnas Indonesia U-16 Vs Timnas Vietnam U-16:

28/3/2002: Myanmar 6-0 Indonesia (semifinal)

28/8/2005: Indonesia 1-6 Myanmar (grup)

9/7/2013: Myanmar 2-2 Indonesia (grup)

31/7/2018: Myanmar 1-2 Indonesia (grup)

4/8/2019: Indonesia 5-0 Myanmar (grup)

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid