Timnas Indonesia

Media Vietnam Prediksi PSSI Tak Akan Perpanjang Kontrak STY



NOBARTV NEWS – Kontrak Shin Tae-yong bersama akan berakhir pada Desember tahun ini. Salah satu media Vietnam memprediksi kontrak sang pelatih tidak akan diperpanjang oleh PSSI.

Sebagaimana diketahui, sejak datang ke Indonesia, Shin Tae-yong awalnya hanya membesut Timnas Indonesia senior. Namun berselang beberapa waktu, ia meminta untuk menukangi timnas kelompok umur lainnya seperti Timnas U-23 dan U-19/U-20.

Oleh sebab itu, kini ia menjadi pelatih untuk tiga kelompok umur tersebut. Hal itu pula membuat dirinya menjadi pelatih tersibuk sepanjang tahun lalu – dan mungkin akan berlanjut di tahun terakhirnya bersama Timnas Indonesia.

Tahun 2022 kemarin, selain membersamai skuad Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday 2022, Shin Tae-yong juga menukangi Timnas U-23 di SEA Games 2021, Timnas senior di dan 2022. Bersama tim muda, pelatih kelahiran Yeongdeok itu juga menangani tim muda tersebut di Piala AFF U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Jadwal tersebut belum ditambah dengan beberapa pemusatan latihan yang tentunya memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun di tahun ini, selain Piala Asia U-20 dan 2023, Shin Tae-yong juga memiliki agenda lain seperti . Namun khusus untuk Piala Asia 2023 yang akan diselenggarakan pada Januari 2024, kemungkinan ia sudah tidak bersama Timnas Indonesia lagi.

Pasalnya, kontrak sang pelatih tertulis hingga 31 Desember 2023. Sementara itu, belum ada rencana perpanjang kontrak lagi dari kepengurusan PSSI yang baru. Kecuali jika Mochamad Iriawan masih menjabat, besar kemungkinannya bagi pelatih asal Korea Selatan itu untuk mendapatkan perpanjangan kontrak. Pasalnya, sebelum lengser (sebagai Ketum PSSI) lewat Kongres Luar Biasa beberapa waktu lalu, di tahun 2022 saat itu Iriawan mengaku sangat ingin memperpanjang kontrak Shin. Namun hal tersebut tidak terlalu ditanggapi serius oleh Shin karena belum waktunya untuk dibicarakan.

Kini, setelah Iriawan pergi, berbagai rumor beredar kalau eks pelatih Timnas Korea Selatan itu tidak akan mendapatkan perpanjangan kontrak lagi. Hal itu dikemukakan oleh salah satu media asal Vietnam Soha VN. Media tersebut memprediksi Shin tidak akan mendapatkan masa kontrak lagi usai 31 Desember 2023 nanti.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Shin Tae-yong tengah menyelesaikan tugas sebelum berpisah dengan sepak bola Indonesia,” rilis Soha VN.

“Kontrak Shin Tae-yong dengan PSSI akan berakhir pada Desember tahun ini. Menurut konfirmasi dari PSSI, kontraknya tidak akan diperpanjang di bawah kepengurusan baru,” sambung berita tersebut.

Meski demikian, apa yang disampaikan media tersebut masih sebatas prediksi saja. Sebab jika penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 berbuah manis, bukan tak mungkin bagi PSSI era Erick Thohir untuk memperpanjang kontrak sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments