Timnas Indonesia

Legenda Persija hingga Asisten Pelatih Como FC, Berikut 5 Pemain Indonesia yang Tampil Cemerlang dalam Sejarah Piala AFF!



NOBARTV NEWS 2022 tinggal sebentar lagi. Meski belum pernah menjadi juara dalam even sepak bola dua tahunan ini, namun berhasil melahirkan beberapa pemain yang menakutkan dengan performa luar biasa. Siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Bambang Pamungkas

Legenda hidup Persija Jakarta yang identik dengan nomor punggung 20 ini menjadi pemain yang cukup diperhitungkan di Piala AFF 2002. Sejauh ini, Bambang sudah tampil di 4 edisi Piala AFF. Bambang pernah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2000, 2002, 2008, dan 2010.

Pada Piala AFF 2002, Bambang yang saat itu berusia belia keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 8 gol. Sayang, penampilan apik Bambang tidak diiringi dengan berhasilnya Timnas Indonesia meraih trofi. Saat itu, skuad Garuda Indonesia takluk dari Timnas Thailand di partai final.

2. Cristian Gonzales

Lucunya, Gonzales resmi menjadi WNI beberapa bulan sebelum dihelatnya Piala AFF 2010. Pria kelahiran Uruguay ini berstatus sebagai striker naturalisasi Timnas Indonesia. Piala AFF 2010 menjadi turnamen pertama yang ia ikuti setelah resmi menjadi WNI.

Kesempatan pertama itu tak disia-siakan olehnya. Sepanjang turnamen, Gonzales sukses mengemas 4 gol dan membawa Garuda Indonesia ke partai final. Sayang, di babak final, mereka takluk atas tim rival Timnas Malaysia.

3. Boas Solossa

Sejak masih muda, Boas mampu mencuri perhatian banyak orang. Di Piala AFF 2004, Boas muda tampil cemerlang sepanjang laga. Ia bahkan mampu membuat 4 gol sepanjang turnamen di saat usianya baru menginjak 18 tahun.

Sayang seribu sayang, di leg pertama final Piala AFF 2004, Boas mengalami insiden mengerikan. Ia mengalami patah tulang sehingga harus absen termasuk di leg kedua.

Boas mendapatkan kesempatan untuk menebus kegagalan Indonesia. Di Piala AFF 2016, Boas kembali ke daftar pemain Timnas Indonesia. Namun lagi-lagi, Boas dan skuad Timnas Indonesia gagal di partai final.

4. Firman Utina

Pada Piala AFF 2010 lalu, Firman Utina keluar sebagai pemain terbaik. Ya, di tahun itu, Timnas Indonesia sukses mencapai babak final dan berjumpa dengan Timnas Malaysia. Meski kalah di partai final, namun penampilan Firman Utina mencuri perhatian banyak orang sehingga dirinya diganjar penghargaan sebagai pemain terbaik.

5. Kurniawan Dwi Yulianto

Siapa yang tak kenal Kurniawan Dwi Yulianto? Eks pemain Timnas Indonesia yang saat ini menjadi asisten pelatih di klub Serie-B Como FC ini pernah menjadi pemain yang amat menakutkan.

Sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF, Kurniawan telah mencetak total 13 gol sekaligus menjadikan dirinya top skorer asal Indonesia di turnamen tersebut.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment