Timnas Indonesia

Usai Maarten Paes, PSSI Kenalkan 2 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia, Siapa Saja?



NOBARTV.CO.ID PSSI kenalkan dua calon pemain baru , Kiper FC Dallas Maarten Paes baru saja diresmikan sebagai WNI. Setelah serangkaian proses naturalisasi tersebut akhirnya selesai, PSSI kembali memperkenalkan dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang baru. Siapa saja mereka?

PSSI tak henti-hentinya mendatangkan pemain keturunan untuk dijadikan sebagai punggawa Timnas Indonesia. Hanya saja, kedatangan para pemain yang memiliki darah Indonesia ini sudah lebih dulu dilakukan atas persetujuan Shin Tae-yong. Jadi, di era PSSI sejak Mochamad Iriawan hingga kini dipimpin oleh Erick Thohir, para pemain keturunan Indonesia yang dinaturalisasi sebelumnya sudah mendapat lampu hijau dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong lebih dulu.

Mereka yang sudah diresmikan sebagai WNI sejak era Iriawan sampai kini Erick Thohir adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On. Sepuluh pemain tersebut sampai saat ini sudah menjalani debutnya dengan Timnas Indonesia. Bahkan, empat di antaranya yakni Ivar, Justin, Rafael, dan Nathan saat ini sedang bermain untuk tim kelompok umur yakni Timnas Indonesia U23 pada ajang Piala Asia U23 2024.

Baca Juga:  STY Dibikin Kagum dengan Sikap Pemain Timnas Indonesia: Mereka Tak Pernah Mengeluh

Usai Maarten Paes, PSSI Kenalkan 2 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia, Siapa Saja?
Calvin Verdonk dan Erick Thohir (sumber: IG @timnas.indonesia)

Dan ternyata, sepuluh nama tersebut kembali bertambah dengan diresmikannya satu pemain baru yakni Maarten Paes. Kiper kelahiran Nijmegen, Belanda ini pada Selasa kemarin (30 April) resmi menjalani sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Dengan demikian, Maarten tinggal menunggu waktu untuk peralihan federasi untuk segera menjalani debutnya dengan skuad Garuda. Dijadwalkan, di waktu dekat ini, Timnas Indonesia akan memainkan dua laga penting melawan Timnas Irak dan Filipina pada ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Kemungkinan, Maarten sudah bisa debut dalam dua pertandingan yang digelar pada Juni 2024 mendatang itu.

Dan ternyata, di saat Maarten dikenalkan sebagai pemain baru, kemarin, di saat yang bersamaan PSSI juga memperkenalkan dua pemain yang akan menyusulnya. Ya, pada Selasa kemarin, dua pesepakbola yang bermain di yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven juga dikenalkan sebagai proyek naturalisasi baru. Keduanya, kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah menjalani proses awal naturalisasi.

Baca Juga:  Media Vietnam Curigai STY atas Diubahnya Kick Off Indonesia vs Irak

“Hari ini Maarten Paes sudah resmi jadi WNI, sementara Verdonk dan Jens Raven juga dalam proses naturalisasi,” terang Ketua Umum PSSI Erick Selasa kemarin.

Calvin Verdonk sendiri saat ini tercatat sebagai pemain NEC Nijmegen di Eredivisie dengan posisi bek sayap. Sedangkan Jens Raven, pesepakbola usia 18 tahun ini merupakan penyerang untuk tim muda Dordrecht U-21. Tim senior Dordrecht berkompetisi di Eerste Divisie atau divisi kedua Liga Belanda. Apabila proses kedua pemain ini bisa selesai secepat mungkin, maka bukan hal yang mustahil jika keduanya akan segera debut di waktu yang bersamaan dengan Maarten Paes di bulan Juni mendatang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *