Timnas Indonesia

STY Kepincut Ramadhan Sananta, Striker Muda yang Tembus Timnas Senior Dalam Satu Tahun Karirnya, Berikut Profil Sang Pemain!



STY Kepincut Ramadhan Sananta, Striker Muda yang Tembus Timnas Senior Dalam Satu Tahun Karirnya, Berikut Profil Sang Pemain!
Ramadhan Sananta

NOBARTV NEWS – Nama striker muda PSM Makassar Ramadhan Sananta tengah jadi perbincangan. Pasalnya, tidak lebih dari satu tahun sejak ia memulai karir profesionalnya, striker muda 19 tahun ini menarik perhatian berkat penampilan impresifnya di tim berjuluk Juku Eja. Penampilan gemilangnya itu membawanya menjadi salah satu striker yang diajak Shin Tae-yong ke dalam ajang FIFA Matchday mendatang.

Selain Santana, tiga striker lainnya adalah Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, dan Muhammad Rafli. Akan tetapi, Ramadhan Sananta menjadi pemain termuda di antara mereka.

Jika melihat statistiknya di ajang musim ini, Ramadhan Sananta mengungguli dua striker Timnas Indonesia lainnya seperti M. Rafli dan Dendy Sulistyawan. Musim ini, M. Rafli sudah turun sebanyak 6 kali namun belum pernah menorehkan gol sama sekali. Sedangkan Dendy Sulistyawan, striker Bhayangkara FC ini sudah mencetak 2 gol dari 10 pertandingan. Adapun Ramadhan Sananta, hanya dari 6 pertandingan saja, ia sukses mengungguli dua seniornya itu dengan torehan 3 gol.

Pengamat sepak bola sekaligus komentator kawakan asal Indonesia, Tommy Welly atau biasa disapa Bung Towel juga mengakui kualitas Sananta. Bung Towel menyebut Sananta sebagai striker muda yang tengah naik daun. Selain berlaga di kompetisi domestik, ia juga pernah mendapatkan kesempatan bermain di AFC Cup bersama PSM Makassar dalam dua pertandingan ketika timnya menghadapi Tampines Rovers dan Kuala Lumpur FC.

“Dendi Sulistyawan dengan dua gol dan dua assist-nya, juga Ramadhan Sananta, pemain muda PSM Makassar yang di awal musim ini mencuri perhatian dengan tiga golnya.” ujar Bung Towel dalam laman youtubenya.

Lalu, bagaimana rekam jejak sang pemain muda yang memantik perhatian Shin Tae-yong ini?

Pemain yang memiliki nama lengkap Muhammad Ramadhan Sananta ini lahir pada 27 November 2002 silam. Sananta lahir di salah satu kelurahan bernama Diak yang di mana, daerah tersebut masuk dalam kecamatan Lingga, kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebelum hijrah ke PSM Makassar, Sananta tercatat pernah membela klub kontestan Liga 1 lainnya yakni Persikabo 1973. Sananta mengawali debutnya di tim senior Persikabo pada 3 Pebruari 2022 ketika timnya melawat ke markas Bali United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali dalam ajang BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Meski tidak pernah mencetak satu gol pun bersama Persikabo, namun manajemen PSM Makassar menaruh perhatian kepadanya. Tepat pada tanggal 24 Mei 2022, Sananta diikat oleh PSM Makassar untuk menjadi bagian dari klub legendaris asal Sulawesi Selatan itu.

Di PSM Makassar, Sananta melakoni debutnya ketika Juku Eja bersua tim promosi Rans Nusantara FC. Sedangkan gol perdana yang ia persembahkan untuk klubnya itu terjadi ketika PSM menjamu Persib di Stadion Gelora B. J. Habibie (GBH) di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Melihat rekam jejak sejak ia diikat oleh Persikabo hingga membela PSM Makassar hari ini, bisa disimpulkan bahwa Sananta tidak membutuhkan waktu sampai satu tahun untuk mendapatkan kesempatan bermain bersama Timnas Indonesia. Hal ini tentu sangatlah luar biasa untuk pemain muda yang belum pernah bermain di kelompok umur. Secara tiba-tiba, datang dari klub non-profesional kemudian mendapatkan kesempatan tampil di kasta tertinggi di Indonesia, hingga pada akhirnya mendapatkan panggilan untuk membela Timnas Indonesia senior ketika karirnya baru seumur jagung.

Berikut Biodata Lengkap Ramadhan Sananta!

Nama : Muhammad Ramadhan Sananta

Tempat lahir : Daik, Kab. Lingga, Provinsi Kepulauan Riau

Tanggal lahir : 27 November 2002

Tinggi badan : 182 cm

Posisi : Penyerang

Kaki terkuat : Kanan

Klub Pemuda : Kepri Belia FC U17 (-2019), Asian School Football U18 (2019) PPLP Kepulauan Riau (2019-2020)

Klub Senior : PS Harjuna Putra (2021-2022), Persikabo 1973 (9 Januari 2022) PSM Makassar (24 Mei 2022 – sekarang)

Harga Pasaran : 1,39 miliar rupiah (terupdate 22 Juli 2022)


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment