Intermezzo

Piala AFF U-23 2023 Kemungkinan Akan Gunakan VAR

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS U-23 2023 direncanakan akan menggunakan VAR. Jika benar terjadi, maka ini merupakan yang pertama kalinya digunakan untuk kompetisi sepakbola tertinggi di Asia Tenggara.

Sebagaimana diketahui, pada tahun ini, skuad U-23 akan turun dalam beberapa even penting. Tercatat, ada tiga kompetisi resmi yang akan diikuti oleh anak asuh Indra Sjafri itu.

Pertama, mereka akan tampil dalam ajang Kualifikasi 2023 yang akan digelar di Indonesia. Lalu ada Asian Games 2022 (dilaksanakan tahun 2023) di Hangzhou China. Terakhir, ada Piala AFF U-23 2023 yang bakal dihelat di Thailand. Untuk even Piala AFF U-23 sendiri bakal dilangsungkan pada 17 Agustus sampai 26 Agustus 2023.

Di babak drawing kemarin, skuad Timnas Indonesia dipastikan tergabung di grup B bersama dua kontestan lainnya yaitu Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23. Sedangkan di grup A diisi oleh Timnas Kamboja U-23, Timnas Brunei Darussalam U-23, Timnas Myanmar U-23, dan Timnas Thailand U-23. Sedangkan di grup C bakal diisi oleh Timnas Vietnam U-23, Timnas Laos U-23, dan Timnas Filipina U-23.

Di edisi sebelumnya (Piala AFF U-23 2022), Timnas Vietnam keluar sebagai juaranya. Saat itu, Kamboja bertindak sebagai tuan rumah. Sayangnya, saat itu Timnas Indonesia tidak turut serta karena covid-19 sedang melanda.

Meskipun saat itu Timnas Indonesia tidak ikut serta, namun mereka memiliki keunggulan jelang Piala AFF U-23 tahun ini. Hal itu dikarenakan sebelumnya, di ajang SEA Games 2023, skuad Garuda muda berhasil menjadi juara. Even tersebut dilangsungkan tak lama ini – sekitar beberapa minggu yang lalu. Dengan demikian, hal tersebut tentunya adalah modal berharga bagi anak asuh Indra Sjafri itu.

Dan menariknya, untuk edisi kali ini, Piala AFF U-23 kemungkinan besar akan menggunakan teknologi canggih yaitu VAR atau Asisten Wasit Video. Jika benar demikian, maka ini merupakan kali pertama teknologi canggih itu diterapkan untuk kompetisi sepakbola tertinggi di Asia Tenggara. Pasalnya, di Piala AFF 2022 maupun SEA Games 2023 kemarin, teknologi ini belum digunakan.

“Sistem Video Assistant Wasit (VAR) akan diterapkan mulai semifinal di AFF U23 Championship 2023. Turnamen ini akan diadakan di Thailand dari 17-26 Agustus,” tulis ASEAN Football.

“Ini adalah pertama kalinya turnamen internasional AFF menerapkan sistem VAR,” lanjut keterangan dari ASEAN Football.

Sekadar diketahui, sepanjang sejarah diadakannya even Piala AFF U-23 ini, Timnas Indonesia sudah merengkuh gelar tersebut sebanyak satu kali. Kala itu, di Piala AFF U-23 2019, Timnas Indonesia keluar sebagai pemenangnya usai mengandaskan perlawanan Timnas Thailand 2-1 di partai final.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid