Timnas Indonesia

Duta Besar Rusia Ajak Indonesia Lakoni Laga Persahabatan



NOBARTV NEWS – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G Vorobieva telah bertemu dengan Menpora RI Dito Ariotedjo. Dalam pertemuan tersebut, Lyudmila menawarkan sang Menpora untuk mempertemukan dan Rusia dalam sebuah .

Sebagaimana diketahui, pada FIFA Matchday bulan Juni mendatang, Timnas Indonesia dijadwalkan akan berpartisipasi dalam dua pertandingan. Dua pertandingan tersebut akan berbeda seperti dua periode FIFA Matchday sebelumnya.

Di dua periode sebelumnya itu, Timnas Indonesia selalu melawan tim yang sama dalam dua pertandingan di satu kalender FIFA Matchday. FIFA Matchday terakhir pada tahun 2022 kemarin dimanfaatkan PSSI untuk mempertemukan skuad Timnas Indonesia dengan Timnas Curacao. Di dua laga yang dimainkan, skuad Garuda selalu meraih kemenangan.

Sementara itu, di kalender FIFA Matchday pertama tahun 2023 yang berlangsung pada Maret kemarin, Timnas Indonesia dihadapkan dengan tim asal Afrika Burundi. Laga melawan Burundi juga dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Skuad Garuda menang satu kali (3-1) dan imbang satu kali (2-2) juga atas tim yang diperkuat banyak pemain abroad itu.

Nah, untuk FIFA Matchday Juni mendatang, PSSI sudah mendapatkan satu calon lawan. Calon lawan tersebut juga telah setuju dan sedia untuk datang ke Indonesia. Tim yang dimaksud adalah Timnas Palestina. Skuad Palestina akan melakukan penerbangan ke Indonesia dan akan bermain dengan skuad Garuda pada 14 Juni mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Kepastian melawan Timnas Palestina sudah dipublikasikan PSSI lewat laman resminya pada bulan Maret kemarin.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepakbola Palestina dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA matchday pada tanggal 14 Juni 2023. Mereka juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan laga,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir Maret kemarin.

Selain melawan Palestina, Timnas Indonesia juga akan bertemu dengan satu tim lain di bulan Juni tersebut. Akan tetapi, PSSI masih belum bisa memastikan tim mana yang akan menjadi lawan lainnya bagi Marc Klok dkk. Timnas Argentina memang disebut bahkan dirumorkan bakal menghadapi skuad Garuda. Akan tetapi, pihak AFA (Federasi Sepakbola Argentina) sendiri belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait rumor tersebut.

Di saat ketidakpastian tersebut, tawaran menarik datang dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G Vorobieva. Sang Duta Besar mengajak Timnas Indonesia melalui Menpora Dito Ariotedjo untuk memainkan sebuah laga persahabatan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Menpora Dito menyampaikan terima kasih atas ucapan selamat tersebut dan menjelaskan bahwa pemerintah Rusia bermaksud mengundang Indonesia pada dua event olahraga penting di negaranya,” tulis Kemenpora.

“Yang menggembirakan lagi adalah ajakan pertandingan persahabatan antara Timnas Sepak Bola Rusia dengan Timnas Indonesia,” lanjut pernyataan tersebut.

“Ini pasti akan disambut baik seluruh masyarakat pecinta bola, oleh karenanya akan segera ditindaklanjuti koordinasi dengan PSSI,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Timnas Rusia saat ini sedang di-banned oleh FIFA. Meskipun demikian, tak ada salahnya bagi Timnas Indonesia untuk melakukan sebuah laga persahabatan dengan Timnas Rusia. Walaupun laga tersebut nantinya tak masuk dalam kalender resmi FIFA akibat pembanned-an itu, namun kesempatan melakukan uji coba dengan Rusia sangat tepat – mengingat skuad Garuda akan bertemu dengan Timnas Jepang, Irak, hingga Vietnam di Piala Asia 2023 nanti.

Melawan tim dengan peringkat tinggi bagi Timnas Indonesia adalah sesuatu yang tepat untuk mempersiapkan diri jelang penampilannya di Piala Asia nanti.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid