Timnas Indonesia

Kepada Media Korea, Asnawi Curhat Ingin Bermain di K League 1



NOBARTV NEWS – Bek sayap Asnawi Mangkualam Bahar telah menyelesaikan musim keduanya bersama klub kasta kedua Selatan Ansan Greeners. Bersama The Green Wolves, eks pemain PSM Makassar ini belum mampu membawa klubnya promosi ke kasta pertama Korea Selatan atau K League 1.

Di akhir musim 2022-2023, Ansan hanya finis di peringkat ke-9 dari total 11 kontestan. Prestasi ini jauh lebih buruk karena di musim sebelumnya pada tahun lalu Ansan finis di peringkat ke-7. Pada tahun tersebut (2021), K League 2 memiliki 10 kontestan sedangkan di musim ini berjumlah 11.

Di musim pertamanya (bersama Ansan), Asnawi dkk finis di peringkat ke-7 dengan torehan 11 kali kemenangan, 8 imbang, dan 17 kali menelan kekalahan. Sedangkan di musim ini Ansan hanya mendapatkan kemenangan sebanyak 8 kali, imbang 13 kali, dan menelan lebih banyak kekalahan dengan jumlah 19.

Namun bedanya, di musim ini atau musim 2022-2023, Asnawi tampil jauh lebih baik. Pelatih anyar Ansan, Lim Jong-heon ketika menggantikan posisi Cho Min-kook lebih memercayai Asnawi turun sebagai starter. Sebuah kesempatan yang jarang didapatkan Asnawi di era pelatih sebelumnya. Bahkan ketika Timnas Indonesia memanggilnya, pihak Ansan terkesan enggan melepas sang pemain andalannya itu.

Bahkan, nama Asnawi sempat disebut-sebut diincar oleh beberapa tim besar Korea Selatan. Saat itu jurnalis Sports Chosun menyebut bek andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu diminati oleh klub raksasa Jeonbuk Hyundai Motors.

Namun hingga berakhirnya musim 2022-2023, kabar tersebut hanyalah sebatas rumor belaka. Dan di musim keduanya ini, pemain kelahiran 4 Oktober 1999 itu telah membukukan 2 gol dan 2 assist untuk Ansan di ajang K League 2 dari total 26 laga. Karena kerap tampil spartan, Asnawi juga sudah mengemas 4 kartu kuning dalam ajang yang sama.

Dalam wawancara terbarunya kepada media asal Korea Selatan, Asnawi mengaku ingin tampil di ajang yang lebih baik lagi. Dalam artian, ia ingin bermain di kasta tertinggi Liga Korea Selatan.

“Tujuan saya bisa beri kontribusi buat tim, tentunya saya bisa bermain di level tertinggi di Korea Selatan,” ujar Asnawi.

Terkait rumor yang menyebut dirinya diincar oleh klub raksasa Hyundai Motors, Asnawi akhirnya buka suara. Meski suatu hari ia mendapatkan kesempatan untuk tampil di kasta tertinggi Korea Selatan, namun Asnawi mengaku lebih menghargai masa kontraknya yang masih berjalan.

“Saya memiliki kontrak dengan Ansan. Masih ada masa kontrak yang tersisa. Jadi, tentu saja Ansan yang harus didahulukan,” tutup Asnawi.

Kontrak Asnawi di Ansan Greeners tertulis hingga 31 Desember 2023. Dalam klausul kontrak tersebut, terdapat kesepakatan dari pihak klub untuk memperpanjang kontraknya untuk satu tahun lagi. Kontrak tersebut ditandatangani pada 6 Januari 2022 ketika Cho Min-kook masih menangani Asnawi Mangkualam Bahar dkk.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment