Timnas Indonesia

Pelatih Sabah Sebut Saddil Ramdani Belum Pulih, Gagal Bela Timnas Indonesia Lagi?



NOBARTV NEWS – Kabar buruk tak henti-hentinya menimpa skuad . Setelah Sandy Walsh mengalami cedera, kemudian Jordi Amat dan Shayne Pattynama dirumorkan mengalami hal serupa, kini Saddil Ramdani diketahui masih bergelut dengan cedera yang dideritanya.

Diketahui, di bulan Juni ini, Timnas Indonesia akan bermain melawan dua tim kuat dengan tajuk FIFA Matchday. Dua laga tersebut akan dimainkan di Indonesia dengan dua stadion berbeda.

Pertama, skuad Timnas Indonesia akan bertemu dengan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada tanggal 14 Juni 2023. Adapun di laga keduanya, Marc Anthony Klok dkk akan berduel dengan tim kuat asal Amerika Latin Argentina. Laga melawan juara dunia itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada tanggal 19 Juni.

Untuk mempersiapkan dua laga tersebut, Shin melalui PSSI telah merilis daftar pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan (TC). TC tersebut bahkan sudah berjalan selama empat hari sejak Selasa 6 Juni kemarin. Sayangnya, hingga hari ketiga (Kamis) kemarin, baru 15 pemain yang mengikuti pemusatan latihan tersebut. Banyaknya pemain yang belum bergabung membuat Erick Thohir, Exco PSSI sekaligus Manajer Sumardji, hingga Shin Tae-yong merasa kesal.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Bahkan, Erick sempat mengancam klub (dengan memberikan sanksi) yang dengan sengaja menahan pemainnya. Selain itu, Sumardji sempat meminta pengertian kepada para klub untuk segera melepas pemainnya. Adapun Shin Tae-yong, sang pelatih mengaku merasa tak nyaman karena banyaknya pemain yang belum bergabung.

“Memang, sebenarnya sudah dibicarakan bahwa TC akan dipercepat, pasti klub-klub harusnya lepas,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

“Saya merasa tidak nyaman dan terganggu karena pemain banyak yang liburan, baru ikut juga, jadi kurang fisiknya, saya kurang nyaman,” pungkas eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Di saat banyaknya pemain yang belum bergabung, nasib buruk lainnya kembali menimpa skuad Garuda. Diketahui, sampai saat ini, baru lima pemain abroad yang sudah berada di TC tersebut. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, dan Sandy Walsh. Mirisnya, nama terakhir yakni Sandy Walsh dilanda cedera ketika mengikuti TC hari kedua.

Tak hanya itu saja, dua pemain abroad lainnya Jordi Amat dan Shayne Pattynama sempat dirumorkan mengalami hal yang sama (cedera) ketika membela klubnya masing-masing. Walau pada akhirnya, manajer Timnas Indonesia Sumardji membantah – lalu memastikan keduanya dalam keadaan bugar dan siap bergabung dengan Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Tidak selesai sampai di situ saja, kini, satu pemain abroad di Liga Malaysia Saddil Ramdani dipastikan masih dalam keadaan cedera. Padahal, ia merupakan salah satu pemain yang sangat diandalkan oleh Shin Tae-yong. Cederanya Saddil bahkan sudah cukup lama. Akibatnya, ia absen di beberapa pertandingan penting Sabah FC musim ini.

Berdasarkan pengakuan pelatih Sabah Ong Kim Swee, Saddil diprediksi sembuh usai FIFA Matchday Juni ini. Jika benar demikian, maka ini merupakan kali kedua Saddil absen secara berturut-turut dalam kalender FIFA Matchday. Sebelumnya, di FIFA Matchday Maret 2023, Saddil hanya mengikuti TC selama beberapa hari – kemudian kembali ke klubnya untuk menjalani perawatan.

“Saddil masih perlu beberapa pekan lagi untuk pulih sepenuhnya,” ungkap Ong Kim Swee beberapa waktu lalu.

“Kami akan memberikan perawatan yang lebih baik dan kami berharap dia sembuh total sesudah kalender FIFA bersama Timnas Indonesia,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment