Timnas Indonesia

Jelang Habis Kontrak, Saddil Ramdani Dibidik Klub Kasta Kedua Liga Austria



NOBARTV NEWS – Sayap lincah Saddil Ramdani tinggal menunggu waktu untuk mengakhiri kontraknya bersama Sabah FC. Dilansir dari laman transfermarkt, kontrak Saddil berakhir hingga 30 November 2022 atau kurang dari dua bulan lagi. Salah satu klub asal Austria dikabarkan berminat kepada eks pemain Persela Lamongan itu.

Musim ini, Saddil menjelma menjadi pemain berbahaya Sabah FC. Di bawah kepemimpinan sang pelatih Ong Kim-swee, Saddil selalu mendapat tempat inti di skuad berjuluk The Rhinos itu. Saddil hanya absen ketika ia mendapatkan panggilan dari tim nasional dan ketika ia tengah mendapatkan cidera.

Di musim ini pula, Saddil sukses membawa Sabah bertengger di posisi ketiga klasemen akhir . Catatan yang ia torehkan juga cukup baik. Tercatat, dari total 22 laga yang sudah dilakoni Sabah di Liga Super Malaysia musim ini, Saddil telah turun sebanyak 17 kali dengan catatan 4 gol dan 6 assist. Jadi suatu hal yang sangat wajar jika klub Eropa – tepatnya kasta kedua Liga Austria menginginkan jasanya.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Rumor ketertarikan klub Eropa tersebut dilontarkan pertama kali oleh eks pemain Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto. Sebelumnya, Kurniawan DY adalah pelatih Sabah dan dirinya lah yang mendatangkan Saddil ke klub tersebut. Namun Kurniawan DY tak bertahan lama. Saat ini, ia menjadi asisten pelatih di klub Serie-B Como FC.

“Ya ada undangan dari klub Liga 2 Austria untuk Saddil Ramdani. Undangan email itu dikirimkan ke saya dan juga Saddil Ramdani,” jelas Kurniawan Dwi Yulianto, kemarin.

“Saya di sini hanya mengarahkan dan mengapa saya ingin Saddil Ramdani ke Eropa karena saya lihat kualitasnya.”

Terkait apakah Saddil ingin mencoba kesempatan tersebut, Kurniawan DY menyerahkan sepenuhnya kepada sang pemain. Namun sebagai pemain yang pernah mencicipi karir di luar negeri – tepatnya Eropa, Kurniawan memberikan wejangan dan pendapatnya tentang kompetisi di benua biru itu.

“Tapi yang memutuskan itu ya Saddil Ramdani, jadi dia harus benar-benar memikirkan itu secara matang,” kata Kurniawan lagi.

Selain mendapatkan tawaran dari klub Eropa, klub Saddil saat ini Sabah FC juga berminat untuk memperpanjang kontrak sang pemain. Tidak main-main, Sabah menawarkan perpanjangan kontrak selama dua tahun ke depan untuk eks pemain Bhayangkara FC itu.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

“Jadi semua keputusan ada di Saddil Ramdani, dia mau ambil di Austria, Indonesia, atau tetap di Malaysia. Saya sudah memberikan gambaran kepada Saddil Ramdani, kalau di Eropa situasinya akan seperti ini karena masih belum pasti juga berhasil di sana,” papar Kurniawan.

Sebagai seorang senior, Kurniawan berharap agar Saddil menambah pengalamannya – dalam artian ia mendorong Saddil untuk hijrah ke kompetisi yang lebih tinggi.

“Tapi kalau dia mau coba silahkan dan kalau berhasil Alhamdulillah.”

Terakhir, tak lupa Kurniawan memberikan gambaran dari sisi buruknya ketika memutuskan untuk berkarir di luar negeri.

“Tapi ketika hal buruk terjadi misalnya dia gagal di Eropa dan pulang ke Asia Tenggara, pasti harga nilainya udah beda lagi. Saya sudah kasih arahan ke dia dan memang tidak intens komunikasinya karena dia masih fokus di Sabah FC,” tutup Kurniawan Dwi Yulianto.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid