Timnas Indonesia

Catatkan 2 Kemenangan Beruntun bersama Timnas U-17, Bima Sakti Bungkam Pengkritiknya



NOBARTV NEWS – Bima Sakti berhasil membawa U-17 menang dalam dua uji coba secara berturut-turut. Hasil positif ini juga menjadi cara sang pelatih untuk membungkam para pengkritiknya.

Semenjak dipilih sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di 2023, kritikan demi kritikan terus tertuju pada Bima Sakti. Ya, seperti yang diketahui, di waktu dekat ini, Timnas Indonesia akan tampil di ajang internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023.

Di ajang tersebut, Arkhan Kaka dkk akan bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karenanya, mereka dipastikan berada di putaran final tanpa perlu mengikuti babak kualifikasi seperti tim-tim lainnya.

Tapi sayangnya, yang menjadi kekhawatiran banyak orang adalah terkait dengan pelatih yang akan menukangi skuad Garuda Asia di ajang tersebut. Beberapa waktu setelah ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, PSSI langsung memilih Bima Sakti sebagai pelatih untuk Arkhan Kaka dkk.

Dan seperti dugaan, terpilihnya Bima sebagai pelatih mendapat sorotan banyak orang. Bukan karena dianggap sebagai pelatih hebat, namun eks pemain Timnas Indonesia itu disorot karena dianggap belum layak untuk menahkodai Timnas di level tertinggi seperti itu. Terlebih, pada tahun 2022 lalu, Bima gagal membawa timnya melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Akibatnya, kritikan tersebut tak henti-hentinya dilontarkan kepadanya. Tapi beruntung, Bima tak terlalu peduli dengan kritikan yang ditujukan kepadanya. Meskipun ia secara bertubi-tubi diserang, namun Bima tetap teguh dan fokus untuk membesut skuad Garuda Asia.

Puncak kritikan tersebut adalah ketika Timnas Indonesia U-17 mengalami empat kekalahan beruntun di laga uji coba. Tiga di antara uji coba tersebut dimainkan di Indonesia. Sisanya yakni di benua Eropa Jerman. Secara berturut-turut, Garuda Asia dikalahkan oleh Barcelona Juvenil (3-0), Kashima Antlers U-18 (3-2), Timnas Korea Selatan U-17 (1-0), dan TSV Meerbusch U-17 (1-0).

Namun secara perlahan, Bima kini membuktikan diri kalau ia layak sebagai pelatih Timnas U-17. Diketahui, setelah empat uji coba dengan kekalahan beruntun itu, skuad Garuda Asia kini selalu meraih hasil maksimal. Tercatat, Ji Da-bin dkk baru saja meraih dua kemenangan secara berturut-turut.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Dua kemenangan itu masing-masing didapatkan ketika berjumpa dengan SC Paderborn Youth dan VFL Osnabruerck U-19. Dalam laga uji coba kontra SC Paderborn Youth, skuad Garuda Asia menang lewat gol tunggal Nabil Asyura di menit ke-3. Adapun di laga kontra VFL Osnabruerck U-19, Timnas Indonesia U-17 menang dengan skor akhir 2-1. Dua gol Timnas Indonesia kali ini dikemas oleh Ji Da-bin dan Muhammad Aulia Rahman.

Oleh karenanya, secara pelan namun pasti, lewat dua kemenangan melawan tim yang lebih senior ini menjadi nyata kalau permainan skuad Garuda Asia kian berbenah. Hasil ini juga menjadi bukti kalau Bima berhasil membungkam para pengkritiknya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid