Timnas Indonesia

Piala AFF U-16 : Lagi dan Lagi, Garuda Muda Segrup dengan Timnas Vietnam

TOPIK BERITA :


Piala AFF U-16 : Lagi dan Lagi, Garuda Muda Segrup dengan Timnas Vietnam
Sesi latihan U-16

NOBARTV NEWS – Usai U-19, kita akan disuguhkan kembali dengan turnamen lainnya yakni Piala AFF U-16. Bertindak sebagai tuan rumah, skuad asuhan Bima Sakti akan berjumpa dengan skuad muda Vietnam (fase grup). Sebelumnya, Garuda muda yang tergabung di Piala AFF U-19 asuhan Shin Tae-Yong juga segrup dengan Vietnam di ajang (Piala AFF U-19) tersebut.

Boleh dibilang Vietnam merupakan salah satu lawan terkuat di daratan Asia Tenggara. Selain Vietnam, Timnas Thailand juga menjadi lawan menakutkan bagi Indonesia.

Secara berturut-turut, dari level senior hingga junior, Indonesia selalu satu grup dengan tim ini.

Pertama, di Piala AFF 2020 lalu. Saat itu, skuad timnas senior Indonesia bertemu dengan Vietnam di fase grup. Pertahanan Indonesia digempur sepanjang laga. Beruntungnya, serangan-serangan tersebut tidak satupun yang membuat gawang Indonesia dibobol. Dalam event tersebut, Egy Maulana Vikri dkk finis sebagai runner-up karena kalah agregat 6 – 2 dari Timnas Thailand di partai final.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Kedua, di SEA Games 2021. Saat itu, Vietnam bertindak sebagai tuan rumah. Mengawali laga pertama dalam cabor sepak bola, Vietnam menantang Timnas Indonesia. Hasilnya, Garuda Indonesia dipermalukan 3 – 0 di hadapan puluhan ribu suporter tuan rumah. Beruntungnya, meski digilas Vietnam di laga perdana, namun skuad Timnas Indonesia U-23 berhasil mencapai babak semifinal. Dalam babak (semi-final) tersebut, Marc Klok dkk tumbang dari Timnas Thailand namun mampu menyegel medali perunggu setelah memenangkan laga melawan Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Ketiga, di Piala AFF U-19 kemarin (masih berlanjut). Timnas Indonesia U-19 tergabung di grup A bersama Thailand, Myanmar, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam. Di laga perdana grup A, Ronaldo Kwateh dkk berhadapan dengan Vietnam. Dalam laga tersebut, Garuda muda bermain imbang 0 – 0. Di ajang ini, Timnas Indonesia U-19 gugur karena hanya finis di peringkat ketiga fase grup.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Pun dengan Piala AFF U-16 tahun ini. Kembali dipercaya sebagai tuan rumah, Indonesia ‘lagi-lagi' bertemu dengan Vietnam. Namun untuk kali ini bukan Shin Tae-Yong yang menjadi juru taktik. Melainkan Coach Bima Sakti yang juga mantan legenda Timnas Indonesia di era 90-an.

Bima Sakti pun telah memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala AFF U-16 yang akan dimulai per tanggal 31 Juli hingga 12 Agustus mendatang. Selain Vietnam, Indonesia juga segrup dengan Singapura dan Filipina. Kabar baiknya, salah satu tim kuat yang ‘bukan' dari negara ASEAN yakni Timnas Australia U-16 turut berpartisipasi dalam ajang ini.

Menarik untuk ditunggu, sebab terakhir kali berpartisipasi dalam ajang ini (Piala AFF U-16 2019), Garuda muda hanya mampu finis di peringkat ketiga. Saat itu, Thailand bertindak sebagai tuan rumah dan Malaysia keluar sebagai juaranya.

Terlepas dari itu semua, hanya satu yang menjadi pertanyaan, “Kenapa kita selalu dipertemukan dengan Timnas Vietnam?”

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid