Timnas Indonesia

Wow! Indonesia Punya 30 Pemain Keturunan untuk Bela Skuad Garuda di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Kabar gembira menghampiri PSSI jelang keikutsertaan skuad Garuda Asia dalam ajang 2023. Dikabarkan, terdapat 30 pemain keturunan yang saat ini tercatat bermain di luar negeri.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat – tepatnya pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember 2023, akan dilangsungkan even bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Even tersebut akan dimainkan di Indonesia sehingga skuad Garuda dipastikan lolos tanpa mengikuti babak kualifikasi.

Di saat tim-tim seperti Iran, Uzbekistan, Korea Selatan hingga Jepang harus bersusah payah untuk mencapai babak semifinal Piala Asia U-17 demi lolos ke Piala Dunia U-17 2023, justru tidak. Bahkan, anak asuh Bima Sakti itu tak tampil di Piala Asia U-17. Hanya dengan statusnya sebagai tuan rumah, Arkhan Kaka dkk dipastikan sudah berada di putaran final Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Diputuskannya Indonesia sebagai tuan rumah tak lepas dari keputusan FIFA beberapa hari lalu. Pada awalnya, FIFA menunjuk Peru sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Akan tetapi, Peru tengah mengalami masalah di dalam negeri yaitu krisis ekonomi yang membuat mereka gagal mempersiapkan diri dengan maksimal. Alhasil, Peru dinyatakan batal (sebagai tuan rumah) sehingga FIFA kemudian meminta Indonesia sebagai penggantinya.

Walaupun demikian, bertindak sebagai tuan rumah dan lolos secara otomatis bukan berarti skuad Garuda larut dalam kesempatan emas tersebut. Mereka juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum even tersebut digelar nanti.

Rencananya, dari PSSI sendiri, pihaknya akan melakukan seleksi di beberapa kota. Seleksi tersebut akan dipegang dan diawasi langsung oleh dua pelatih senior yakni Indra Sjafri dan Shin Tae-yong. Jadi, meskipun Bima Sakti terpilih sebagai pelatih untuk Piala Dunia U-17 nanti, namun ia masih tetap membutuhkan peran dari dua pelatih seniornya tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Selain melakukan seleksi untuk pemain dari dalam negeri, dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, mereka juga sudah penjajakan terhadap beberapa pemain keturunan. Menariknya, berdasarkan database yang dihimpun oleh Kemenpora, Kemenpora menyebut terdapat 30 nama pemain muda keturunan di luar negeri yang berpotensi membela timnas Indonesia U-17 nanti. 10 di antara pemain keturunan tersebut ternyata memegang paspor Indonesia.

“Dari database yang kami miliki, ada sekitar 30 pemain diaspora yang masuk dalam kategori U-17,” kata Tenaga Ahli Menpora Bidang Potensi Pemuda dan Diaspora, Hamdan Hamedan lewat akun instagramnya.

“Ada sekitar 10 pemain yang memiliki paspor Indonesia sehingga berpotensi membela Timnas Indonesia U-17 bila dibutuhkan dan kualitasnya sesuai dengan keinginan pelatih,” pungkas eks anggota Exco PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment