Timnas Indonesia

Indra Sjafri Pastikan Witan Gabung Timnas Indonesia pada 4 Desember, Egy Belum Ada Jawaban

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI telah mengumumkan 28 pemain guna mengikuti TC jelang 2022. 8 pemain yang berkarir di luar negeri dipastikan masuk dalam daftar. Namun sampai saat ini, tidak semua dari mereka (pemain abroad) sudah mendapatkan lampu hijau untuk membela Timnas Indonesia.

Delapan pemain abroad yang dimaksud adalah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Elkan Baggott (Gillingham FC), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate Moravce).

Sejauh ini, baru beberapa pemain yang dipastikan bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Seperti Asnawi Mangkualam Bahar dan Pratama Arhan. Diketahui, kompetisi K League 2 dan J2 League tempat kedua bek sayap Timnas Indonesia itu bermain sudah diliburkan. Dengan demikian, baik Asnawi maupun Arhan sudah bisa dipastikan bakal turun membela Timnas Indonesia.

Adapun Sandy Walsh dan Elkan Baggott, dikabarkan bahwa Shin Tae-yong tengah melobi keduanya agar bisa membela Timnas Indonesia. Diketahui, Piala AFF bukanlah ajang resmi FIFA sehingga STY meminta izin kepada klub untuk menggunakan Sandy dan Elkan. Kenapa Shin rela terbang ke Inggris (klub Elkan) dan Belgia (klub Sandy) hanya untuk meminta izin?

Hal yang dilakukan STY adalah sebagai bentuk pendekatan. Karena klub boleh menolak permintaan tersebut sebab Piala AFF bukan ajang resmi FIFA, maka STY berusaha melakukan pendekatan agar klub kedua pemain tersebut bisa melunak. Pendekatan tersebut dilakukan dengan harapan KV Mechelen dan Gillingham mau melepasnya.

Adapun terkait kehadiran dua sayap Timnas Indonesia yang berkarir di yakni Witan dan Egy, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri buka suara.

Kata Indra, hanya Witan Sulaeman yang dipastikan bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Hanya saja, Witan bisa hadir pada 4 Desember mendatang atau beberapa hari setelah Timnas Indonesia mengikuti pemusatan latihan.

Adapun Egy, Indra belum bisa memastikan karena eks pemain Lechia Gdansk itu belum memberikan jawaban. Indra tengah menunggu jawaban dari Egy.

“Witan itu kalau tidak salah baru bisa masuk tanggal 4 Desember. Egy mungkin besok baru ada jawaban,” kata Indra Sjafri kemarin.

Terkait jadwal pertandingan klub yang berbenturan dengan jadwal Piala AFF, Indra mengatakan pihaknya tengah mengaturnya. Hal ini mengisyaratkan bahwa PSSI dalam hal ini Shin Tae-yong sangat membutuhkan kekuatan para pemain abroad sehingga mereka melakukan berbagai upaya agar tetap bisa menggunakan jasanya.

“Ini sedang diatur, di pertandingan mana saja dari luar negeri bisa bermain. Karena kami memaklumi, ini bukan agenda FIFA. Kepentingan klub kami akomodir, kepentingan pemain juga,” ujar Indra menambahkan.

Di Piala AFF 2022 ini, skuad Garuda Indonesia tergabung di grup A bersama Timnas Kamboja, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam. Sama seperti target di edisi sebelumnya, di Piala AFF 2022, Garuda Indonesia dituntut untuk merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid