Timnas Indonesia

Tambahkan Amunisi Baru, Bima Sakti Panggil Pemain Muda Tottenham Hotspur dan PSV Eindhoven



NOBARTV NEWS – Bima Sakti akan kembali memanggil dua pemain keturunan untuk bergabung dalam TC U-17. Dua pemain yang dimaksud adalah Igor Arungbumi Sanders dan Gabriel Han Willhoft-King. Saat ini, keduanya berkarier bersama tim muda Tottenham Hotspur dan PSV Eindhoven.

Seperti yang diketahui, pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, skuad Timnas Indonesia U-17 akan turun dalam ajang 2023. Diputuskannya skuad Garuda Asia mentas di ajang tersebut karena beberapa waktu lalu, FIFA memutuskan Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk even itu.

Pada awalnya, Peru diminta sebagai tuan rumah oleh Federasi Sepakbola Dunia. Tapi sayangnya, karena negara asal Amerika Latin itu mengalami krisis ekonomi dan bencana alam. Akibatnya, Peru mengajukan pembatalan sebagai tuan rumah – dan pada akhirnya, FIFA pada Jumat 23 Juni kemarin meminta kesediaan Indonesia sebagai tuan rumah.

Begitu terpilih, PSSI langsung bergerak cepat. PSSI pada Senin 10 Juli kemarin telah memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC). Dalam daftar 34 pemain yang mendapat panggilan itu, 6 di antaranya merupakan pemain keturunan atau pemain diaspora. Mereka adalah Welber Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Selain memanggil 34 nama tersebut, PSSI juga menggelar seleksi di beberapa kota se-Indonesia. PSSI telah memastikan 12 kota yang akan menjadi lokasi seleksi tersebut.

Dan baru-baru ini, pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti berencana untuk mendatangkan pemain keturunan lagi. Ya, berdasarkan data yang dikirim oleh Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) kemarin, melalui sang Menteri Dito Ariotedjo sudah menyerahkan 30 nama pemain keturunan ke PSSI. 30 nama tersebut merupakan pemain muda diaspora yang mempunyai kesempatan untuk membela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17.

Akan tetapi, seperti yang disebutkan di atas tadi, hanya enam pemain keturunan yang mendapatkan panggilan dari PSSI. Berarti, masih ada 24 nama pemain lainnya yang belum mendapat panggilan.

Tapi, seperti yang dikatakan Bima sebelumnya, ia ingin mendatangkan dua pemain keturunan lagi yaitu Igor Arungbumi Sanders dan Gabriel Han Willhoft-King. Saat ini, kedua pemain muda tersebut bermain untuk Tottenham Hotspur junior dan PSV Eindhoven junior.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menariknya, salah satu pemain yang diinginkan Bima yaitu Gabriel Han Willhoft-King sudah pernah bermain untuk Timnas muda Inggris. Saat itu, Gabriel bermain melawan Timnas Turki U-16.

“Memang ada beberapa pemain yang sudah punya kesempatan main di timnas, seperti Gabriel di Tottenham itu pernah main di timnas Inggris U-16 melawan Turki,” kata Bima Sakti.

Bima mengaku sudah melihat penampilan Gabriel lewat video. Menurutnya, pemain muda Spurs itu memiliki kualitas yang sangat baik. Meskipun demikian, ia tak bisa menjanjikan Gabriel bisa masuk sebagai pemain inti Timnas Indonesia U-17. Sebab seperti yang sudah-sudah, semua pemain baik itu keturunan maupun lokal akan diseleksi terlebih dahulu untuk bisa menjadi bagian dari skuad Garuda Asia.

“Saya sudah liat, berapa jumlah passingnya, dia punya kualitas. Akan tetapi, tetap saya buat aturan sama, tidak ada istimewa, mereka akan diseleksi juga seperti yang lain,” ujarnya menambahkan.

“Sudah komunikasi juga. Nanti tinggal tunggu surat dari PSSI (untuk pemanggilan),” pungkas Bima terkait pemanggilan Gabriel Han dan Igor Sanders.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment