Timnas Indonesia

Iwan Bule Tetap Optimis dengan Masa Depan Timnas Indonesia Kendati Gagal di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS sudah berada di tanah air usai dipastikan gagal melaju ke babak final 2022. Meski target yang ditetapkan jauh dari kata harapan, namun Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tetap mengapresiasi kerja keras Fachruddin Aryanto dkk.

Sebagaimana diketahui, di Piala AFF 2022 ini, skuad Garuda mendapatkan berbagai fasilitas mewah demi memudahkan keikutsertaan mereka. Dimulai dari hotel yang nyaman hingga disewakan pesawat carter oleh PSSI. Berbagai fasilitas itu diberikan PSSI agar skuad Garuda nyaman dan aman selama mengikuti even dua tahunan itu.

Di balik fasilitas mewah tersebut, sudah jelas PSSI mengharapkan juara sebagai balas budi dari apa yang mereka berikan. Hal senada juga pernah disampaikan oleh pelatih Shin Tae-yong. Dalam beberapa kesempatan, Shin meminta skuad Garuda untuk menjuarai Piala AFF sebagai balas budi kepada Iriawan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun sayang, langkah mereka terhenti di babak semifinal. Setelah bermain 0-0 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Marc Klok dkk ditumpas Vietnam 2-0 di leg kedua di My Đình Stadium. Hasil buruk itu memaksa anak asuh Shin Tae-yong pulang lebih cepat.

Kini, skuad Timnas Indonesia telah berpencar. Mereka sudah berada di klubnya masing-masing. Mochamad Iriawan pun telah membubarkan mereka setibanya di Indonesia kemarin.

Bagi PSSI, kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 adalah hal yang menyedihkan. Namun di samping kegagalan itu, sang Ketua Umum masih memiliki harapan tinggi kepada mereka. Iriawan optimis dengan masa depan skuad Garuda meskipun gagal dalam turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara itu.

“Kendati belum juara, kami harus menatap masa depan dengan optimisme tinggi. Seluruh pemain dan pelatih sudah berjuang maksimal,” kata Mochamad Iriawan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu tetap memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada perjuangan pelatih, staf, dan juga pemain. Ia berharap semoga di even berikutnya, penampilan Nadeo Argawinata dkk jauh lebih baik lagi.

“Kami harus menghargai perjuangan mereka. Tetap semangat, tetap berjuang untuk event selanjutnya agar lebih baik lagi,” ujarnya menambahkan.

“Liga 1 mulai bergulir lagi dan pemain pulang ke klub masing-masing. Tentu ada pula yang harus meninggalkan Indonesia karena bermain di luar negeri. Yang penting harus tetap semangat untuk mengejar prestasi lebih baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong merasa amat bersalah atas kegagalannya untuk kedua kalinya di Piala AFF bersama Timnas Indonesia. Secara tulus, ia meminta maaf kepada segenap fans Timnas Indonesia yang tak henti-hentinya memberikan dukungannya kepada skuad Garuda.

“Kami kalah dan saya ingin meminta maaf kepada semua suporter timnas Indonesia,” kata eks pelatih Seongnam Ilhwa itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments

  1. Jika permainan Timnas tidak berubah masih seperti di piala AFF jangan berharap Timnas bisa bicara banyak di Piala Asia nanti, masih banyak yg harus diperbaiki terutama passing dan finishing, di Qatar nanti Timnas akan mendapat lawan-lawan kuat. Timnas sudah tidak lolos 3x edisi Piala Asia, masa baru lolos lagi harus gugur di fase grup