Timnas Indonesia

Dicalonkan Bima Sakti sebagai Pengganti STY di Timnas U-23, Begini Reaksi Nova Arianto

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Nova Arianto santer diberitakan akan menjadi pelatih pengganti Shin Tae-yong di U-23. Hal itu menyusul ucapan Bima Sakti yang lebih memilih Nova sebagai pelatih yang lebih cocok menggantikannya. Sebelumnya, Bima juga dikabarkan akan menjadi pengganti STY usai gagal membawa Timnas U-17 ke Piala Asia U-17 2023.

“Untuk pelatih SEA Games, saya pikir banyak pelatih lain yang lebih kompeten dan siap. Kami semua serahkan ke PSSI. Siapa pun pelatihnya, saya dukung,” ujar Bima Sakti.

“Mungkin Coach Nova atau pelatih lain yang kerap berkoordinasi dengan Coach Shin,” tambah Bima Sakti saat itu.

STY sendiri disebut akan melepas jabatannya di Timnas Indonesia U-23 karena jadwal yang amat padat. Tahun depan, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu akan menangani berbagai kelompok umur Timnas Indonesia.

Untuk tim senior saja, Shin dipastikan akan menangani Marc Klok dkk di Piala Asia 2023, lalu ada FIFA Matchday, bahkan 2022 yang akan dihelat pada akhir tahun ini masih berlanjut hingga awal tahun 2023 nanti.

Selain menangani Timnas senior, STY juga akan membesut Timnas U-20 di dua event berbeda. Event tersebut adalah Piala Asia U-20 2023 dan di tahun yang sama. Di Piala Asia U-20, skuad Garuda muda akan bermain di Uzbekistan selaku tuan rumah sedangkan Piala Dunia U-20 akan dihelat di rumah sendiri yakni di Indonesia.

Belum lagi dengan dan SEA Games 2023. Shin memiliki jadwal yang jauh lebih padat daripada pelatih tim nasional sepertinya. Maka daripada itu, PSSI pun memiliki wacana akan segera mengganti STY di Timnas Indonesia U-23 khusus ketika skuad Garuda mengikuti SEA Games 2023 di Kamboja nanti.

Beberapa nama disebut akan segera menggantikan posisi Shin. Sebelumnya ada Dzenan Radoncic namun ia dipastikan gagal karena telah memundurkan diri dari asisten Shin Tae-yong. Kemudian ada nama Bima Sakti namun dengan tegas ia menolak dan justru memilih Nova Arianto.

Kebersamaan Nova Arianto dengan STY sendiri sudah berlangsung cukup lama. Terhitung, sejak 8 Januari 2020, ia membersamai Shin sebagai asisten pelatih.

Dan pada akhirnya, Nova pun mengomentari perihal kemungkinan dirinya untuk menjadi pengganti bosnya itu. Nova mengaku belum memikirkan hal (pengganti Shin Tae-Yong) tersebut.

“Sekali lagi, saya belum memikirkan ke sana,” terang Nova Arianto.

“Karena masih fokus membantu coach Shin Tae-yong untuk persiapan Timnas Indonesia U-20,” jelasnya lagi.

Terkait peran yang saat ini dipegangnya, Nova juga menjelaskan bahwa skuad Timnas Indonesia U-20 tengah melakukan persiapan jelang Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-20. Dalam waktu dekat, Marselino Ferdinan dkk akan berangkat ke Turki dan Spanyol untuk mengikuti pemusatan latihan di dua negara Eropa tersebut.

“Kalau kepastian berangkat ke Turki, masih belum tahu karena kami masih menunggu visa,” tutup Nova menanggapi kapan kemungkinan skuad Garuda muda berangkat ke Eropa.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments

  1. Dikarenakam coach Dzenan mundur, jadi memang peluang besar ada di coach Nova, krn dia paling tau karakter permainan STY, namun yg jadi catatan dia blm pernah jadi pelatih utama di tim mana pun, jadi ini cukup riskan, apalagi di setiap edisi sea games selalu ditekankan untuk juara, apakah dia sanggul atau tidak? Well see