Timnas Indonesia

Beda Grup dengan Indonesia, Pelatih Laos Favoritkan Skuad Garuda Juara SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Meskipun tak berada di grup yang sama dengan U-22, namun pelatih Laos U-22 Michael Weiss menjagokan anak asuh Indra Sjafri itu keluar sebagai juara SEA Games 2023.

Seperti yang diketahui, skuad Garuda menjadi tim terbaik di grup A sejauh ini. Pasalnya, mereka selalu meraih kemenangan dalam tiga partai pembuka SEA Games 2023. Tiga kemenangan beruntun itu menjadi prestasi terbaik Timnas Indonesia U-22 dibandingkan empat kontestan lainnya di grup A. Hal ini pun menjadikan Rizky Ridho dkk sudah memastikan satu tempat di babak semifinal seperti dua kontestan lainnya di grup B yaitu Timnas Thailand U-22 dan Timnas Vietnam U-22.

Adapun kemenangan-kemenangan Timnas Indonesia U-22 itu diraih ketika jumpa Timnas Filipina U-22 (3-0), lalu Timnas Myanmar U-22 (5-0), dan Timnas Timor Leste U-22 (3-0). Sehingga, hasil tersebut membuat skuad Garuda dipastikan lolos ke semifinal meskipun masih menyisakan satu laga sisa kontra Timnas Kamboja U-22 malam ini.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Kegemilangan Timnas Indonesia U-22 di fase grup A ini pun memantik komentar dari pelatih Timnas Laos U-22 Michael Weiss. Weiss mengatakan kalau Timnas Indonesia U-22 merupakan tim favorit yang bakal meraih emas atau juara di SEA Games tahun ini.

“Secara khusus, Timnas Thailand U-22 sangat kuat dengan tiga kemenangan dan penguasaan bola. Mereka memiliki pertahanan yang sangat kuat. Selain itu, Timnas Indonesia U-22 juga merupakan calon juara,” kata Michael Weiss Selasa 9 Mei kemarin.

Skuad Laos U-22 sendiri mengalami nasib tragis pada SEA Games 2023 tahun ini. Tergabung di grup neraka bersama Timnas Thailand U-22, Timnas Vietnam U-22, Timnas Singapura U-22, dan Timnas Malaysia U-22, anak asuh Michael Weiss hanya mampu meraih 1 poin dari 3 pertandingan. Mereka cuma mendapatkan hasil imbang 1 kali dan dia laga sisanya selalu dikalahkan. Hasil tersebut membuat mereka berada di dasar klasemen sementara grup B. Meskipun mendapatkan kemenangan di laga pamungkasnya, skuad Laos U-22 sudah tidak terselamatkan lagi.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun bagi skuad Garuda, di SEA Games 2023 tahun ini, mereka ditargetkan meraih medali emas atau keluar sebagai juara. Terakhir kali skuad Garuda menorehkan prestasi tersebut adalah pada tahun 1991 lalu. Saat itu, Filipina bertindak sebagai tuan rumahnya.

Timnas Indonesia sempat hampir menjadi juara SEA Games 2019 ketika Filipina kembali menjadi tuan rumah. Namun sayangnya, saat itu Evan Dimas Darmono dkk dikalahkan oleh Timnas Vietnam dengan skor telak 3-0. Menariknya, pelatih skuad Garuda saat itu adalah Indra Sjafri. Sementara itu, di edisi sebelumnya (2021), Timnas Indonesia finis di posisi ketiga. Padahal, pelatih yang menukangi skuad Garuda kala itu adalah Shin Tae-yong.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid