Timnas Indonesia

SEA Games 2023 Tanpa Pemain Senior, Indra Sjafri: Itu Lebih Baik Menurut Saya

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Indra Sjafri menanggapi peraturan baru terkait cabang olahraga sepak bola putra di SEA Games 2023. Indra menyebut peraturan baru itu lebih baik daripada sebelum-sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, dari beberapa edisi sebelumnya, SEA Games memiliki peraturan khusus untuk cabang olahraga sepak bola. Di edisi sebelumnya (SEA Games 2021 di Vietnam), setiap tim boleh mendaftarkan tiga pemain senior di atas usia 23 tahun. Serta sisanya wajib berusia di bawah 23 tahun.

Adapun di edisi kali ini, peraturan tersebut mengalami beberapa perubahan. Awalnya, tuan rumah Kamboja mengumumkan bahwa cabor (cabang olahraga) sepak bola boleh diikuti oleh dua pemain senior dan sisanya berusia di bawah 22 tahun. Akan tetapi, peraturan tersebut kembali berubah.

Terbaru, Kamboja memberikan pengumuman bahwa tak ada pemain senior di SEA Games 2023 untuk cabang olahraga sepak bola. Dengan demikian, usia maksimal untuk seluruh peserta harus di bawah 22 tahun. Jadi, setiap tim wajib mendaftarkan pemain kelahiran 1 Januari 2001 atau sesudahnya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Peraturan anyar tersebut lalu dikomentari oleh pelatih di SEA Games 2023 yakni Indra Sjafri. Indra mengaku baru mendapatkan kabar tersebut dari KOI (Komite Olimpiade Indonesia).

“Tadi saya review dengan KOI [Komite Olimpiade Indonesia], ada perkembangan baru bahwa SEA Games tahun ini tidak boleh ada senior. Jadi hanya U-22, kelahiran 2001 sampai 2003,” terang Indra Sjafri.

Dengan peraturan baru tersebut, Indra mengaku sudah mendapatkan kerangka tim yang akan menjadi skuad Timnas Indonesia nanti. Eks pelatih Timnas Indonesia U-19 itu mengaku akan mengambil jebolan Timnas Indonesia U-20 yang pada tahun 2021 lalu gagal tampil di karena even tersebut dimundurkan.

Kata Indra lagi, ia akan menambah deretan calon pemainnya dengan nama-nama baru seperti Ramadan Sananta dan pemain lain yang belum pernah terpantau.

“Pokoknya tim skuad piala dunia u-20 2021 yang batal, itu menjadi skuad utamanya. Di samping ada tambahan tambahan baru kayak [Ramadhan] Sananta, pemain-pemain baru yang sebelumnya belum terpantau,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Menariknya, kata Indra, kuota tanpa pemain senior di SEA Games 2023 ini menurutnya menguntungkan bagi dirinya secara pribadi. Ia jadi lebih fokus untuk membentuk tim yang berisikan para pemain muda.

“Itu nanti kita kolaborasikan. Kemarin kita masih bikin dengan dua senior kan, tapi mulai hari ini kita lupakan karena tanpa senior. Dan sebenarnya itu lebih baik menurut saya.”

“Ya karena sebagai pelatih, saya tak perlu lagi memikirkan ada senior, [memikirkan] siapa yang akan kita ambil untuk dua senior itu. Jadi saya akan fokus untuk menyiapkan pemain-pemain yang satu kelompok usia,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments