Piala Dunia 2022

Hasil Belanda vs Qatar Piala Dunia 2022: Oranje Kunci Tiket Babak 16 Besar di Grup A

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Laga antara Belanda versus Qatar di matchday ketiga babak fase grup berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Belanda.

Timnas Belanda mampu tampil lebih dominan daripada Qatar di laga yang digelar di Stadion Al Bayt pada 29 November 2022 tersebut.

Dua gol kemenangan Belanda pada laga itu dicetak oleh Cody Gakpo dan Frenkie de Jong.

Berkat kemenangan ini, Belanda memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sementara itu, Qatar tersingkir.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak babak pertama, Timnas Belanda mampu bermain lebih mendominasi. Belanda tampak memegang penguasaan bola dan memaksa Qatar untuk langsung bermain bertahan.

Lini tengah Belanda yang dikomando oleh De Jong, Klaassen, hingga De Roon tampil cukup leluasa dalam mengalirkan bola ke lini depan. Ditambah lagi, pergerakan lincah Cody Gakpo di lini serang Belanda kerap membuat lini belakang Qatar berantakan.

Sementara itu, Timnas Qatar tampak tidak bisa tampil lepas di babak pertama. Qatar cukup tertekan dengan pressing tinggi yang diterapkan pada pemain Belanda.

Qatar hanya mengandalakan umpan-umpan panjang untuk melewati garis tengah Belanda, pasalnya dengan passing-passing pendek, serangan Qatar hanya patah di lini tengah.

Setelah mencoba beberapa kali serangan, Belanda pada akhirnya bisa membobol gawang Qatar. Gol pertama Belanda di laga ini dicetak oleh Cody Gakpo pada menit ke-26.

Gakpo mampu melewati kawalan bek Qatar usai melakukan kerja sama dengan Klaassen. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Timnas Belanda.

Setelah unggul, Belanda tampak lebih percaya diri dalam bermain. Belanda mampu lebih tenang dalam membangun serangan melalui umpan-umpan bola pendek antar lini. Di sisi lain, Qatar masih cukup kesulitan untuk melawan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by OnsOranje (@onsoranje)

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 tidak berubah, Belanda unggul hingga turun minum.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Belanda juga tampil cukup dominan. Lini tengah Belanda masih terlalu kuat bagi Qatar. Ditambah lagi kualitas passing pemain Belanda yang bagus sehingga cukup mudah untuk membongkar lini tengah Qatar.

Tampil menekan sejak menit-menit awal babak kedua membuat Belanda mampu mendapatkan gol keduanya. Timnas Belanda mampu mencetak gol lagi pada menit ke-49 melalui kaki Frenkie de Jong.

Mulanya, Depay mampu lepas dari penjagaan bek Qatar, Depay pun melepaskan tendangan ke gawang Qatar, namun tendangan tersebut mampu ditepis kiper Qatar. Beruntungnya, bola tepisan kiper Qatar mengarah ke kaki de Jong, sehingga pemain Barcelona tersebut tinggal mengarahkan bola ke gawang yang kosong saja, skor berubah lagi jadi 2-0 untuk keunggulan Belanda.

Tertinggal dua gol membuat Qatar mulai tampil lepas. Lini tengah Qatar mulai lebih aktif saat kondisi tertinggal, ditambah lagi winger-winger Qatar yang mulai aktif naik membantu serangan.

Akan tetapi, usaha Qatar untuk membalas ketertinggalan tampaknya tidak mudah. Serangan-serangan Qatar dengan mudah dipatahkan oleh lini pertahanan Belanda.

Hingga babak kedua selesai, skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Belanda tidak berubah, Belanda pun mampu mengalahkan Qatar.

Dengan hasil ini, Belanda mengakhiri babak fase grup Piala Dunia 2022 dengan menjadi juara Grup A. Di sisi lain, Qatar mengakhiri babak fase grup sebagai juru kunci alias peringkat ke-4 Grup A.

Susunan Pemain Sejak Menit Awal

Belanda: A Noppert, V Van Dijk, N Ake, J Timber, F de Jong, M De Roon, D Dumfries, D Blind, D Klaassen, C Gakpo, M Depay

Qatar: M Barsham, B Khoukhi, A Hassan, P Miguel, I Mohammad, H Ahmed, A Hatem, A Madibo, Hassan A H, A Ali, Akram A

Demikian ulasan laga antara Belanda v Qatar di matchday ketiga babak fase grup Piala Dunia 2022.


Ferdian Indarto

Seorang penulis artikel yang juga suka futsal dan nonton sepakbola, terutama Liga-liga top dunia. Liga favoritnya adalah liga Inggris dan pemain bintang favoritnya seorang Sergio Aguero.