Timnas Indonesia

Exco PSSI Bocorkan 2 Pemain Garuda Muda yang Bakal Tampil di Piala AFF 2022, Keceplosan?



NOBARTV NEWS 2020 tinggal menunggu hari lagi. Meski belum mengumumkan daftar pemain yang akan diikutsertakan, namun Ketum PSSI telah membocorkan bahwa dua pemain naturalisasi yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat disebut telah dimasukkan ke dalam daftar. Selain kedua pemain tersebut, Exco PSSI juga telah membocorkan dua nama lainnya.

“Insha Allah, kalau daftar pemain timnas sudah dimasukkan (daftar pemain Piala AFF), nanti kalau main kan harus ada izin. Tapi kalau namanya sudah dimasukkan oleh Shin Tae-yong,” jelas Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beberapa hari lalu.

“Nantinya tentunya harus ada surat ke FIFA tentang perubahan federasi dari Spanyol dan Belanda ke federasi Indonesia, yaitu ke PSSI. Mesti bersabar karena ada proses yang harus dilalui,” ujar Iriawan menambahkan.

Piala AFF 2022 menjadi momentum yang tepat bagi Shin Tae-yong membuktikan kualitasnya. Pasalnya, trofi Piala AFF merupakan trofi yang paling memungkinkan untuk bisa ia persembahkan. Di edisi sebelumnya, di Piala AFF 2020 kemarin, STY hampir saja membawa skuad Garuda Indonesia menjadi juara. Sayang, di babak final mereka babak belur dihajar Timnas Thailand. Saat itu, Garuda Indonesia kalah agregat 6-2.

Kini, dengan tambahan berupa dua pemain baru tadi, Shin Tae-yong masih dinanti-nanti untuk membawa menjadi juara. Kabarnya, pemusatan latihan Timnas Indonesia senior dimulai pada awal Desember mendatang. STY dan skuad Garuda muda di Eropa rela mempersingkat TC demi Shin Tae-yong bisa fokus bersama Timnas Indonesia senior. Sebetulnya, TC Garuda muda akan berakhir pada awal Desember. Namun dipersingkat menjadi tanggal 24 November 2022. Pada tanggal 25 November, skuad Garuda muda dan rombongan akan kembali ke Indonesia.

Lucunya, salah satu Exco PSSI Endri Erawan salah ucap – yang terkesan membocorkan dua nama pemain Garuda muda yang akan diikutsertakan dalam Piala AFF 2022. Kedua pemain tersebut adalah Muhammad Ferrari dan Marselino Ferdinan.

“Begitu mereka (Timnas U-20) kembali, kan bubar dan coach Shin fokus ke tim senior. Pemain U-20 ini akan kembali ke klub,” jelas Exco PSSI Endri Erawan.

“Mungkin hanya dua atau tiga nama, mungkin Marselino atau Ferrari yang dibawa ke tim senior. Tapi kita gak tau juga, kan namanya belum keluar,” tambahnya.

Muhammad Ferrari dan Marselino Ferdinan sebelumnya pernah turut serta bersama Timnas senior. Bahkan, Marselino menjadi salah satu punggawa skuad Garuda yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Saat itu, Marselino mencetak satu gol untuk kemenangan Indonesia di partai terakhir melawan Timnas Nepal. Caps Marselino Ferdinan bersama Timnas Indonesia pertama kali ia lakukan di FIFA Matchday melawan Timor Leste awal tahun 2022 ini.

Adapun Ferrari, bek muda Persija Jakarta itu mencatatkan caps pertamanya untuk Timnas Indonesia ketika Garuda Indonesia menjamu Timnas Curacao dalam ajang FIFA Matchday beberapa waktu lalu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

18 Comments