Timnas Indonesia

4 Kerugian AFF Jika Indonesia Keluar dari Federasi

TOPIK BERITA :


4 Kerugian AFF Jika Indonesia Keluar dari Federasi
usai bertanding di partai final 2020

NOBARTV NEWS – Kehadiran Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF selalu dinanti-nanti. Sebab Timnas Indonesia memiliki basis suporter yang jauh lebih militan dari tim-tim lain di Asia Tenggara. Bahkan, turnamen AFF diprediksi tidak akan semenarik biasanya jika PSSI memutuskan hengkang dari federasi ini.

Dengan ratusan juta penduduk dan mayoritas dari mereka merupakan penggemar sepak bola, negara yang terdiri dari puluhan ribu pulau ini tak akan pernah kehabisan penikmatnya. Sepak bola mendarah daging di kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Olahraga ini dilombakan di sekolah bahkan di sela-sela perayaan hajatan masyarakat.

Jadi jangan heran ketika turnamen mini diadakan di Indonesia tetapi stadionnya tetap membludak. Hal itu karena antusiasme masyarakat terhadap olahraga ini sangat tinggi. Sangat berbeda dengan negara lain – yang di mana stadion akan didatangi penikmat sepakbola hanya ketika pertandingan antara tim elit saja. Contoh kecil ketika Piala AFF U-19 yang baru saja berakhir. Bertindak sebagai tuan rumah, suporter Timnas Indonesia selalu hadir di pinggir lapangan. Bahkan, di Piala AFF U-16 akhir tahun ini, AFF kembali memercayakan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Maka, akan sangat merugi AFF jika Indonesia memutuskan untuk pindah federasi. Setidaknya, ada empat kerugian yang akan diterima AFF jika Indonesia memutuskan pergi dari federasi (AFF) ini. Apa saja itu? Berikut poin-poinnya.

1. Kehilangan Sumber ‘Cuan'

Kehadiran penonton membuat AFF mendapatkan pundi-pundi pendapatan dari penjualan tiket. Seperti yang sudah disebutkan, penonton Indonesia sangat antusias dengan turnamen antar negara Asia Tenggara ini – meski yang bertanding merupakan timnas kelompok umur.

2. Hilangnya Pemberitaan yang Menakjubkan

Media-media Indonesia tidak akan kehilangan sumber berita ketika event ini diselenggarakan. Secara rutin, media asal Indonesia selalu mengabarkan berita terkait pertandingan Piala AFF.

Pemberitaan media ini bisa menjadi nilai tambah bagi AFF karena mereka mendapatkan exposure secara cuma-cuma.

3. Sepakbola Asia Tenggara Diam di Tempat

Indonesia menjadi satu dari empat tim yang paling diperhitungkan di Asia Tenggara. Jika Indonesia hengkang, maka persaingan antar tim hanya berputar pada 3 tim saja yakni Timnas Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hal ini menjadikan sepak bola Asia Tenggara diam di tempat karena pesaing yang tengah naik daun ini akan hengkang ke federasi lain.

4. AFF Tidak Menarik untuk Diperbincangkan Lagi

Meski diisi oleh tim-tim yang tidak begitu terkenal, namun euforia Piala AFF selalu dinanti oleh penikmatnya. Bahkan, Piala AFF lebih menarik untuk dibahas daripada Piala EAFF yang diisi oleh tim seperti Jepang atau Korea Selatan.

Absennya Timnas Indonesia akan membuat AFF suram dan tidak semenarik biasanya.

Itulah empat poin yang bakal diterima AFF jika Indonesia pergi dari federasi tersebut. Jika boleh berandai-andai, federasi mana yang cocok untuk diikuti oleh PSSI dan Timnas Indonesia?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid