Timnas Indonesia

STY Pede Bawa Indonesia ke Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Kami Sangat Kuat di Kandang



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong masih optimis membawa lolos ke ronde ketiga 2026 zona Asia. Hal itu ia sampaikan usai skuad Garuda ditahan imbang Filipina pada matchday kedua tadi malam.

Diketahui, pada malam hari tadi, Timnas Indonesia telah memainkan laga keduanya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Di laga tersebut, Asnawi Mangkualam Bahar dkk dijamu oleh Filipina di Rizal Memorial Stadium.

Menariknya, pada laga sebelumnya (matchday pertama grup F), kedua tim – Indonesia dan Filipina sama-sama mencatatkan hasil buruk. Timnas Indonesia dibantai oleh Irak 5-1 di Basra International Stadium. Sedangkan Filipina, anak asuh Michael Weiss itu juga dibungkam Vietnam 0-2 di kandangnya sendiri.

Atas dasar itu (kekalahan di laga sebelumnya), kedua tim diprediksi bakal bermain mati-matian demi meraih kemenangan di laga keduanya. Sayangnya, di laga tersebut, kedua tim harus bermain sama kuat 1-1. Filipina sempat membuat gol pada menit ke-23 lewat penyerang abroadnya di (Kuala Lumpur FC) yakni Patrick Reichelt. Gol tersebut dihasilkan Patrick setelah Jordi Amat melakukan kesalahan fatal.

Adapun gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh pemain abroadnya yang menariknya juga bermain di Liga Malaysia. Pemain yang dimaksud adalah Saddil Ramdani. Winger Sabah FC itu menyontek bola dengan terukur usai menerima sodoran manis dari Ricky Kambuaya.

STY Pede Bawa Indonesia ke Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Kami Sangat Kuat di Kandang
Starting line up Timnas Indonesia vs Timnas Filipina tadi malam

Hingga pertandingan usai, hanya dua gol itulah yang berhasil dicetak. Kedua tim sama-sama mencatatkan satu poin dari laga tersebut – sekaligus menjadi satu-satunya poin yang didapatkan dari dua laga.

Adapun untuk Timnas Indonesia, satu poin dari dua laga ini jelas sangat merugikan. Selain torehan buruk, tentu banyak hal yang bisa dijadikan alasan mengapa performa mereka dianggap menurun. Setelah mengarungi perjalanan panjang ke Irak dengan transit di Qatar. Lalu kembali terbang ke Manila, Filipina untuk memainkan laga keduanya, Marc Anthony Klok dkk justru cuma dapat satu poin saja.

Kini, dengan satu poin tersebut, skuad Garuda bertengger di dasar klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Perjalanan mereka untuk memastikan lolos tidaknya ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia memang belum tentu. Namun sang pelatih Shin Tae-yong cukup yakin dengan hal itu.

Semalam, dalam sesi konferensi persnya, Shin mengungkapkan rasa percaya dirinya jikalau skuad Garuda bisa lolos ke putaran ketiga. Hal itu dikarenakan masih ada empat laga lagi yang akan dimainkannya. Di mana, tiga dari empat laga tersebut akan digelar di Indonesia. Atas dasar itu, Shin yakin skuad yang diasuhnya mampu memanfaatkan momentum ketika nanti mereka menjadi tuan rumah.

“Ya kami hanya mendapatkan satu poin. Kalian tahu, kami harus siap melakukan dua pertandingan tandang,” kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

“Kami masih punya tiga pertandingan kandang,” ucapnya menambahkan.

“Kami akan sangat kuat bermain di kandang. Jadi saya masih sangat positif (lolos ke fase berikutnya) dan saya punya kepercayaan diri,” ujarnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid