BRI Liga 1

Erick Thohir Pede Bawa Liga 1 Setara dengan Liga Thailand



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan bahwa dirinya konsekuen untuk memajukan sepak bola tanah air. Bahkan ia siap membawa Liga 1 setara dengan .

Sebagaimana diketahui, sejak terpilih sebagai Ketum PSSI yang baru, Erick memang memiliki banyak janji yang harus ia tepati. Banyaknya janji-janji kampanye tersebut ia ucapkan sebelum Kongres Luar Biasa PSSI Pebruari kemarin.

Dan kini, setelah resmi menjadi Ketua Umum PSSI dengan menggantikan posisi Mochamad Iriawan, janji-janji tersebut kembali diungkit. Seperti penerapan VAR di Liga 1, melanjutkan kompetisi Liga 2 dan 3, mengupgrade wasit, membuat training center untuk , dan mengejar ketertinggalan dari liga tetangga.

Untuk poin satu dan dua, Erick sepertinya belum bisa menerapkannya dalam waktu dekat ini. Sebab menurut pengakuan terbarunya, VAR belum bisa digunakan karena harus mempertimbangkan berbagai aspek lainnya seperti kelayakan stadion hingga SDM-nya.

Ucapan Erick juga sempat didukung oleh Thoriq Alkatiri. Wasit berlisensi FIFA asal Indonesia itu menyebut para wasit harus dilatih terlebih dahulu. Pelatihan tersebut akan memakan waktu yang cukup panjang karena modul yang akan dipelajari tidaklah sedikit.

Adapun poin kedua yakni melanjutkan Liga 2 dan 3, janji tersebut kemungkinan besar gagal dipenuhi. Sebab berdasarkan hasil dari Sarasehan Sepak Bola Indonesia Sabtu kemarin, PSSI telah memutuskan untuk tetap menyetop Liga 2 dan 3. Dengan demikian, Liga 1 musim ini dipastikan tidak akan ada sistem degradasi.

Akan tetapi, sebagai gantinya, PSSI bakal menerapkan peraturan baru serta regulasi yang lebih layak untuk musim depan. Yaitu dengan memisahkan operator untuk dua kompetisi tersebut, serta menambah kompetisi baru yaitu Piala Indonesia – yang bisa diikuti oleh klub dari Liga 1 dan 2.

Berbekal dari regulasi baru untuk Liga Indonesia itu, Erick Thohir pede (percaya diri) untuk mengejar ketertinggalan dari liga lain. Musim ini, Liga Indonesia jelas tidak lebih baik dari Liga Thailand. Namun di musim mendatang, Erick yakin Liga Indonesia bisa setara dengan Liga Thailand yang disebut-sebut sebagai liga sepak bola terbaik di Asia Tenggara saat ini.

“Apakah kita (PSSI) mampu? Saya optimistis mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam terkait dengan kompetisi,” kata Erick Thohir dalam Sarasehan Sepak Bola Indonesia di Surabaya kemarin.

“Banyak yang hal kita bicarakan di sarasehan. Kita bicara bisnis, kompetisi yang ideal dan bagus, dan ujung-ujungnya tujuannya adalah menyehatkan klub. Kalau pemilik klub harus bakar duit terus, ya klub itu pasti tidak akan sehat. Saya kira kita sepakat semua ingin maju, ingin klub sehat,” ujarnya menambahkan.

“Tentu ujungnya adalah tim nasional yang tangguh. Jadi mereka belum bertanding saja sudah untung. Jadi ke depan kita ingin seperti itu. Apakah bisa? Bisa. Saya yakin. Ke depan akan ada sarasehan dengan Liga 3, Asosiasi Provinsi (Asprov), jambore suporter dam kita juga bicara bisnis,” kata Erick lagi.

“Liga sepakbola itu bukan komunitas yang eksklusif. Kita bersaing dengan negara lain. Jadi banyak hal yang akan kita lakukan,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments