Timnas Indonesia

Lolos ke Piala Asia, STY : Kami Akan Buktikan Seberapa Kuatnya Timnas Indonesia



Lolos ke Piala Asia, STY : Kami Akan Buktikan Seberapa Kuatnya Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong ketika berbincang dengan Indra Sjafri

NOBARTV NEWS – Setelah menunggu 15 tahun lamanya, akhirnya tampil di kompetisi tertinggi di benua Asia yakni Piala Asia 2023. Kepastian itu didapatkan Timnas Indonesia usai Marc Klok dkk mengandaskan Timnas Nepal 7 – 0 di laga terakhir grup A .

Timnas Indonesia tergabung dengan Timnas Nepal, Kuwait, dan Yordania. Marc Klok dkk sukses mengandaskan dua tim yang salah satu di antaranya adalah sang tuan rumah Kuwait dengan skor 2 – 1. Timnas Indonesia hanya kalah satu kali dari Timnas Yordania dengan kekalahan tipis 1 – 0. Berbekal dua kemenangan (6 poin) tersebut, Timnas Indonesia akhirnya finis sebagai salah satu runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia tahun ini.

Usai dinyatakan lolos ke Piala Asia, nama Shin Tae-Yong bergema di media sosial. Ia adalah sosok kunci di balik kesuksesan Timnas Indonesia saat ini. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu membawa Indonesia kembali berlaga setelah belasan tahun lamanya absen di kompetisi tertinggi se-Asia itu.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dalam konferensi persnya usai menghantam Timnas Nepal, Shin Tae-Yong mengutarakan keyakinannya bahwa Timnas Indonesia akan lebih kuat di Piala Asia 2023 nanti.

“Saya tidak tahu kapan persisnya terakhir kali Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia,” ujar Shin Tae-Yong.

Tercatat, ada tiga edisi Piala Asia yang dilewatkan oleh Timnas Indonesia sejak tahun 2007 lalu.

Pertama Piala Asia 2011 di Qatar, Piala Asia 2015 di Australia, dan terakhir Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.

Shin Tae-Yong mengklaim Timnas Indonesia tengah mengalami perkembangan. Pelatih asal Korea Selatan itu yakin Timnas Indonesia akan semakin maju dan terbang tinggi.

“Meski begitu, Timnas Indonesia akan berkembang lebih jauh dan lebih tinggi. Kami mencoba untuk menjadi tim yang lebih kuat. Ketika kami berlaga tahun depan, kami akan siap untuk menunjukkan seberapa kuat kami di turnamen,” tegas Shin Tae-Yong.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Kini, pekerjaan rumah untuk Shin Tae-Yong semakin banyak. Tahun depan, ia akan menangani dua Timnas kelompok umur. Pertama Piala Asia 2023 bersama Timnas senior dan kedua dengan Timnas Indonesia U-20.

Namun di tahun ini, beberapa agenda juga akan ditangani oleh Shin Tae-Yong. U-19 bulan Juli depan dan Piala AFF 2022 akhir tahun mendatang.

Semoga semua tim yang ditangani Shin Tae-Yong bersama Timnas Indonesia membuahkan hasil maksimal. Sehingga tidak menutup kemungkinan di tahun tahun mendatang, Timnas Indonesia tembus ke turnamen yang jauh lebih bergengsi dibanding Piala Asia yang akan diselenggarakan tahun depan.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid