Timnas Indonesia

Kesampingkan Peringkat Sang Lawan, STY Targetkan Skuad Garuda Menang atas Irak



NOBARTV NEWS akan memainkan laga perdana di fase grup 2026 ronde kedua dengan melawan Timnas Irak. Meskipun sang lawan memiliki peringkat yang jauh lebih baik dibanding Indonesia, namun sang pelatih Shin Tae-yong tetap menargetkan kemenangan bagi skuadnya.

Seperti yang diketahui, pada Kamis 16 November mendatang, Timnas Indonesia akan dijamu oleh Irak di Basra International Stadium. Laga kedua tim bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Jadi, selain Timnas Indonesia dan Irak, dua tim lainnya juga tergabung dalam grup tersebut. Mereka adalah Timnas Vietnam dan Filipina. Oleh karenanya, di samping laga antara Timnas Indonesia dan Irak terjadi – di grup yang sama juga akan dilangsungkan laga antara Timnas Vietnam versus Filipina.

Dan untuk Indonesia, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, mereka dijadwalkan akan memainkan dua laga pada bulan November 2023. Dua laga tersebut adalah melawan Timnas Irak dan Timnas Filipina.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Menariknya, dalam dua laga tersebut, skuad Garuda akan bermain tandang. Setelah bertemu dengan Timnas Irak di Basra International Stadium seperti yang disebutkan tadi, Marc Anthony Klok dkk akan kembali melanjutkan perjalanannya untuk dijamu Timnas Filipina di Rizal Memorial Stadium.

Di atas kertas, lawan skuad Garuda yakni Irak memang jauh lebih diunggulkan. Mereka memiliki pemain yang lebih berkualitas dari segi pengalaman. Banyak pemain Timnas Irak yang merumput di benua Eropa. Sedangkan Timnas Indonesia, dari puluhan pemain yang dibawa ke Basra, hanya 9 nama yang tercatat sebagai pemain abroad.

Kesampingkan Peringkat Sang Lawan, STY Targetkan Skuad Garuda Menang atas Irak
Shin Tae-yong dan skuad Timnas Indonesia di sebuah bandara

Walaupun demikian, dalam sebuah wawancaranya baru-baru ini, Shin Tae-yong selaku nahkoda skuad Garuda tetap menargetkan kemenangan. Ya, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu mengesampingkan peringkat Irak yang jauh berada di atas Indonesia. Sebab Shin yakin di laga ini, ia mampu membawa anak asuhnya mencatatkan kemenangan.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

“Kami mulai latihan perdana di Irak sore hari tadi, jam 4 sore, hanya latihan pemulihan fisik saja,” buka Shin Tae-yong di tengah-tengah sesi latihan Timnas Indonesia di Irak kemarin.

“Ini adalah pertandingan pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, terpenting adalah mengunci kemenangan di laga melawan Irak, dengan begitu tentu hasilnya akan baik kedepannya,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

“Tidak masalah nanti melawan Irak, memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia, juga lawan yang berat bagi kita, apalagi kita ini datang sebagai tamu, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin, akan membuat taktik yang bisa meredam mereka,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid