Timnas Indonesia

STY Klaim Pemain Anyar Swansea Nathan Tjoe-A-On Bersedia Bela Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong mengkalim bahwa salah satu pemain keturunan Nathan Tjoe-A-On bersedia untuk memperkuat skuad Garuda. Nathan sendiri merupakan pemain anyar klub EFL Championship Swansea City.

Seperti yang diketahui, PSSI – meskipun tak gamblang mengungkapkan, namun secara diam-diam masih terus memantau pesepakbola keturunan di luar negeri. Terbaru, salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni Rafael Struick mengungkapkan bahwa utusan PSSI akan berkunjung ke Belanda untuk mencari pemain keturunan.

Padahal, ungkapan yang disampaikan Rafael belum pernah disampaikan oleh PSSI. Namun sang pemain sendiri yang membongkarnya. Hal tersebut disampaikan Rafael pada awal Agustus lalu.

“Saya kebetulan berhubungan dengan asisten pelatih (timnas Indonesia) beberapa hari yang lalu. Mereka ingin datang ke Belanda,” ujar Rafael Struick dilansir dari media Belanda Omroep West.

“Mereka mencari lebih banyak pemain dari yang saya dengar. Jadi saya pikir dia (asisten pelatih) akan datang,” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:  STY Bongkar Alasan Skuad Garuda Tak Main Baik Lawan Uzbekistan

Dan kini, kabar yang mungkin memiliki sangkutan adalah bahwa satu pemain keturunan Nathan Tjoe-A-On mengkalim bahwa dirinya sudah dihubungi oleh PSSI. Diketahui, Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain baru di klub asal Wales Swansea City. Saat ini, Swansea bermain di divisi kedua alias EFL Championship.

Bahkan, lewat sesi konferensi persnya kemarin, Shin Tae-yong menyebut bahwa sang pemain sudah menyampaikan keinginannya untuk melakukan proses naturalisasi.

“Pemain tersebut memang tertarik untuk menjalani proses naturalisasi. Dia juga sepakat dan setuju untuk mengganti kewarganegaraannya jadi WNI,” kata Shin Tae-yong.

“Namun, saya memang belum bisa memberikan keputusannya sekarang, sebelum saya melihat langsung permainannya seperti apa,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

“Dan setelah saya melihat kualitasnya seperti apa, kami akan membicarakannya dengan Ketua Umum PSSI baru diputuskan selanjutnya bagaimana. Apakah dilanjutkan atau tidak,” ucapnya menutupi.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Netizen usai Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U23

Kebutuhan Timnas Indonesia dengan pemain naturalisasi memang sangat banyak seiring dengan persiapan mereka jelang Piala Asia 2023 tahun depan. Diketahui, di fase grup Piala Asia 2023 nanti, anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Timnas Jepang, dan Timnas Vietnam.

Maka daripada itu, solusi cepat untuk menyiapkan skuad terbaik adalah melakukan naturalisasi. Terlebih, yang akan menjadi lawan skuad Garuda di even itu bukanlah sembarang. Semua orang tahu kalau Jepang adalah langganan Piala Asia yang cukup rutin mewakili Asia di even akbar seperti Piala Dunia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid