Timnas Indonesia

Masih Ikuti Kompetisi, Welber Jardim Gabung TC Timnas U-17 di Bulan Agustus



NOBARTV NEWS – Lebih dari 10 hari pasca diminta untuk bergabung dengan TC Timnas U-17, pemain keturunan Welber Jardim belum juga bergabung dengan punggawa skuad Garuda Asia lainnya. Meksipun demikian, sang pelatih memaklumi hal itu karena sang pemain tengah mengikuti kompetisi bersama tim muda Sao Paulo FC.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu – tepatnya pada tanggal 10 Juli 2023, Bima Sakti melalui PSSI telah memanggil 34 pemain untuk mengikuti TC sebagai persiapan jelang tampil di 2023. Tapi sayangnya, sejak hari pertama pemanggilan tersebut, tak semua pemain tiba di Jakarta. Bahkan, enam pemain keturunan yang mendapat panggilan saat itu juga tidak sesegera mungkin terbang ke tanah air.

Ya, dari daftar 34 pemain yang diminta untuk mengikuti TC, 6 di antaranya merupakan pemain keturunan. Jumlah pemain keturunan yang dipanggil ini sangatlah sedikit. Sebab sebelumnya, Menpora RI Dito Ariotedjo sudah menyerahkan daftar 30 pemain keturunan kepada PSSI. 30 pemain keturunan tersebut sengaja didata oleh tim dari Kemenpora RI dengan tujuan untuk membantu PSSI mencari pemain berkualitas sebagai bagian dari Timnas U-17.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Akan tetapi, seperti yang disebutkan tadi, hanya enam pemain yang akhirnya diminta untuk mengikuti TC tahap pertama. Ke-enam pemain tersebut adalah Welberlieskott de Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Tapi sayangnya, TC yang sudah berjalan beberapa hari itu tak kunjung lengkap. Padahal, TC ini akan berlangsung sampai 28 Agustus dan akan dilanjutkan lagi dengan TC lanjutan di luar negeri. Bima ingin melihat dan menyaksikan langsung permainan para anak asuhnya sebelum ia memilih pemain-pemain yang akan diikutsertakan dalam TC ke Jerman nanti.

Salah satu pemain diaspora yang tak kunjung bergabung adalah Welber Jardim. Pemain keturunan yang kini bermain untuk Sao Paulo FC itu masih berada di klubnya. Usut punya usut, Welber Jardim ternyata masih membersamai klubnya dalam sebuah kompetisi di Rio De Janeiro Brasil. Oleh sebab itu, kata Bima Sakti, Welber baru bisa bergabung pasca kompetisi tersebut rampung.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Sebelum kompetisi di Rio De Janeiro ini, Welber Jardim dan skuad Sao Paulo U-17 beberapa waktu lalu juga mengikuti sebuah turnamen bernama Piala Criciuma U-17. Dalam babak final melawan tim asal Argentina Talleres, Welber Jardim dkk sukses mengalahkan sang lawan lewat adu penalti dengan skor akhir 7-6.

“Kami masih menunggu Welber Halim. Tapi setelah kami komunikasi dengan orang tuanya, mereka menyampaikan masih ada kompetisi dengan Sao Paulo U-17,” ujar Bima Sakti kemarin.

“Mungkin setelah kompetisi itu, dia baru bergabung. Tidak apa-apa karena di sana ia mendapatkan latihan dan kompetisi yang bagus,” katanya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Bima lagi, Welber baru bisa gabung dengan TC Timnas U-17 pada bulan Agustus mendatang.

“Kami memberikan kesempatan dia di sana,” tutur pelatih asal Balikpapan ini. Setelah selesai di sana, pada Agustus 2023 mungkin baru bergabung dengan U-17,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid